Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dukungan Untuk Pilpres 2024 Terus Mengalir

Peduli Rakyat, Cak Imin Dijagokan Maju Capres

Minggu, 13 Juni 2021 06:50 WIB
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar memberikan sambutan pada pertemuan regional kawasan Teluk Tomini dan Maluku Utara, di Hotel Dumhil, Universitas Negeri Gorontalo, Kota Gorontalo, Gorontalo, Sabtu (12/6/2021). (Foto: ANTARA/Adiwinata Solihin)
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar memberikan sambutan pada pertemuan regional kawasan Teluk Tomini dan Maluku Utara, di Hotel Dumhil, Universitas Negeri Gorontalo, Kota Gorontalo, Gorontalo, Sabtu (12/6/2021). (Foto: ANTARA/Adiwinata Solihin)

RM.id  Rakyat Merdeka - Barisan Tani Nelayan Abdul Muhaimin Iskandar (Baristan-AMI) segera dideklarasikan. Sesuai namanya, organisasi relawan ini merangkul petani dan nelayan untuk mengusung dan memenangkan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi Calon Presiden 2024.

“Kita sedang bersiap launching, setelah deklarasi nanti kita patenkan strukturnya,” ujar Inisiator Baristan-AMI, Idham Arsyad kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Ketua Umum Gerakan Kebangkitan Tani (Gerbang Tani) ini mengatakan, para kader yang tergabung di dalam sayap partai PKB ini dipastikan mendukung dan bergabung dengan Baristan-AMI.

Harapannya, dukungan terhadap Cak Imin-sapaan akrab Muhaimin Iskandar itu, tidak hanya datang dari internal partai, juga dari luar.

Baca juga : Situasi Covid Masih Berat, DPP Golkar Nggak Mau Banyak Bicara Soal Capres

Menurutnya, alasan mendasar membuat saluran politik untuk petani dan nelayan dalam mengusung Cak Imin karena beragam persoalan pertanian belum beres-beres dari setiap rezim pemerintahan.

Misalnya, masalah kepemilikan lahan pertanian yang kerap berujung konflik agraria. Politisi PKB ini menilai, kedaulatan pangan belum menjadi komitmen kuat dari pemerintah. Sehingga, harus mengusung sendiri calon yang dianggap pro petani dan nelayan.

Dirincikan, ada delapan poin mengapa Cak Imin sebagai capres ideal yang layak didukungpetani dan nelayan. Di antaranya, Cak Imin dianggap terlibat aktif dalam perjuangan pertanian dan reforma agraria. Selain itu, juga berkomitmen terhadap peningkatan anggaran dan investasi petani.

“Cak Imin terlibat aktif dalam pengesahan Undang-Undang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani, serta Undang-Undang Nelayan, Pembudidayaan Ikan dan Pertambakan Garam,” bebernya.

Baca juga : Inter Disarankan Bajak N’Golo Kante

Meski tidak tahu kapan PKB akan mendeklarasikan Cak Imin sebagai jagoan di Pilpres 2024, tapi Idham memastikan, seluruh kader PKB pasti mendukung Cak Imin berlaga di Pilpres 2024.

“Dari internal pasti mendukung, tapi jauh lebih penting dari luar dulu dukungannya,” tutupnya.

Belakangan ini, sel-sel PKB mulai menjagokan Cak Imin sebagai Capres di Pilpres 2024.

Sebelumnya, organisasi sayap PKB, Perempuan Bangsa tengah mempersiapkan deklarasi mendukung Cak Imin sebagai Capres.

Baca juga : Punya Jurus Pulihkan Ekonomi, Arsjad Dijagokan Jadi Bos Kadin

“Masih dalam pembahasan dan rekomendasi untuk dibawa ke Mukernas Perempuan Bangsa,” ujar Ketua Umum DPP Perempuan Bangsa Siti Mukaromah kepada Rakyat Merdeka. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.