Dark/Light Mode

Ingin Satukan Umat

Masyumi Colek Partai Idaman

Rabu, 30 Juni 2021 07:15 WIB
Ketua Umum Partai Masyumi, Ahmad Yani. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Partai Masyumi, Ahmad Yani. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Upaya Partai Masyumi mengajak bergabung partai-partai Islam menemui titik terang. Partai yang dikomandoi Ahmad Yani ini mulai menjalin komunikasi dengan partai Islam di luar parlemen, seperti Partai Idaman.

“Sedang kita jajaki dengan partai Islam. Kita ajak komunikasi untuk membuat satu partai alternatif. Ada Partai Idaman, ada juga Partai Bulan Bintang,” ungkap Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Masyumi, TB Massa Djafar kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Upaya mengajak bergabung beberapa partai ini, jelasnya, dengan spirit menyatuhkan satu kekuatan partai Islam untuk kepentingan umat di Pemilu 2024. Sampai saat ini, Djafar mengklaim, sudah melakukan pembicaraan dengan partai yang ada. Namun, baru sebatas komunikasi dan menyamakan visi dan misi.

“Kita sudah bicara. Mungkin dalam waktu dekat kita akan intens lagi komunikasikan,” katanya.

Baca juga : Tingkatkan Literasi dengan Kolaborasi

Mantan politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menegaskan, agenda politik yang dibangun Partai Masyumi dengan partai partai Islam lain bukan untuk gagah-gagahan.

Tapi, sebagai upaya bagaima­na Partai Masyumi bisa menyatukan partai Islam yang ada. Jadi, dengan harapan akan ada satu partai alternatif yang memiliki legistimasi kuat dan didukung elemen umat Islam.

“Spirit kepartaian Partai Masyumi harus dikembalikan pada jati diri yang pernah menorehkan sejarah. Karena kesejarahan Masyumi didukung partai Islam, kita ingin mengembalikan sejarah itu,” tegas Djafar.

Ketika disinggung mengenai kapan kepastian bergabungnya, dia belum bisa memastikan waktunya. Kata dia, sampai saat ini masih menjalin komunikasi. “Kan terus bergulir. Kita belum bisa menyampaikan karena masih pada tahap komunikasi, lobi-lobi dan wait and see. Tapi kita mendorong terus beberapa partai Islam yang masih kecil,” tandasnya.

Baca juga : Menteri ESDM Pastikan Hilirisasi Tetap Jalan

Sementara Ketua Umum Partai Masyumi, Ahmad Yani, sebelumnya mengungkapkan ada beberapa partai Islam yang mau bergabung ke Partai Masyumi. Partai ini sudah berbadan hukum juga dan sudah menyampaikan kesepahamanannya terhadap Partai Masyumi.

Mereka, kata Yani, memberikan penjelasan mengapa harus bergabung ke Partai Masyumi. Salah satu alasannya, karena mereka melihat sudah waktunya bagi Masyumi tampil di depan membela kepentingan umat dan rakyat Indonesia. Jadi, ada semacam keterpanggilan sejarah untuk menggelorakan semangat Masyumi lagi.

Makanya, ketiga partai ini menyatakan Masyumi harus didukung dan ditopang bersama-sama. Agar bisa menjadi partai peserta Pemilu dan lolos di parlemen. Dengan begitu, kepentingan umat Islam akan tersalurkan.

Selain itu, program Partai Masyumi juga dianggap bisa merepresentasikan aspirasi dan keinginan umat Islam. Salah satu programnya adalah memperjuangkan ekonomi keummatan dan penguatan peran umat yang saat ini terpinggirkan.

Baca juga : Pertagas Dorong Mitra Binaan Lakukan Inovasi Penjualan Produk Pertanian

“Intinya, mereka menganggap kehadiran Masyumi sangat dibutuhkan, karena Masyumi dianggap egaliter, keputusannya bukan orang perorang,” katanya. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.