Dark/Light Mode

Meski Moncer Di Survei

Partai Gerindra Masih Nungguin Langkah PDIP

Minggu, 4 Juli 2021 07:10 WIB
Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo. (Foto: ANTARA)
Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo. (Foto: ANTARA)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski elektabilitas Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan dua elitenya moncer di bursa Pemilu 2024, partai berlambang kepala Garuda ini tidak mau terburu-buru menentukan sikap. Gerindra masih menunggu langkah PDIP.

Dua elite itu adalah Prabowo Subianto dan Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra, Sandiaga Salahudin Uno. “Akan berpasangan dengan siapa, kita masih menunggu PDIP ke arah mana,” ujar Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, di acara rilis survei nasional Voxpol Center, secara daring, kemarin.

Padahal, di survei Voxpol Center, Partai Gerindra tampil moncer. Elektabilitasnya menggeser partai penguasa PDIP di posisi puncak dengan elektabilitas sebesar 27,9 persen, menyalip PDIP di posisi kedua dengan 23 persen.

Baca juga : RI Dan Ceko Teken Kerja Sama Perlindungan Lingkungan

Pun soal popularitas dan kesukaan publik untuk Capres 2024. Dua elite Gerindra berada di posisi teratas. Ketum Gerindra, Prabowo Subianto berada di posisi puncak dengan popularitas alias dikenal publik sebesar 87,9 persen, dan disukai 74,6 persen.

Sementara Sandiaga Uno berada di posisi kedua dengan popularitas 87,7 persen, dan disukai di atas Prabowo yaitu 77,1 persen. Rujukan ini, ternyata belum bisa memastikan siapa jagoan Gerindra di Pilpres 2024. “Menjadi catatan, soal framing hasil survei seperti apa, belum tentu masyarakat bisa membaca survei,” kelakarnya.

Meski begitu, keponakan Prabowo ini bersyukur dalam survei ini Partai Gerindra masih dipercaya dan menjadi partai yang dipilih masyarakat.

Baca juga : Mahfuz: Partai Gelora Wajib Lolos Ambang Batas Parlemen

Sementara Ketua DPP PDIP, Nusyirwan Soejono menegaskan, partainya tidak bersedih disalip Partai Gerindra di survei Voxpol. Hasil survei ini, menurutnya menjadi salah satu rujukan partai untuk melangkah. “Tidak nomor satu tidak apa-apa, masyarakat bisa analisa sendiri,” ujarnya.

Politisi Banteng ini mengamini partainya siap menghadapi Pemilu 2024 dengan kelebihan menjadi satu-satunya partai yang bisa mengusung sendiri jagoan di Pilpres 2024. Hal ini, menjadi keleluasaan partai dalam menentukan strategi politik.

“Kita ingin pasangan kita maju dan menang, perhitungannya kalau sekedar bagus-bagusan bagaimana,” ungkapnya.

Baca juga : Bukan Sekedar Figur, Partai Gelora Dukung Capres Yang Punya Ide Cemerlang

Sedangkan Direktur Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago berharap, partai-partai politik segera mengusung siapa jagoan di Pilpres 2024. Harapannya, masyarakat dapat mencari tahu siapa saja tokoh terbaik yang akan memimpin negeri ini. Juga kepada pimpinan partai alangkah eloknya jika Pilpres 2024 diisi minimal tiga pasang calon.

Untuk diketahui, hasil survei Voxpol Center menyatakan Gerindra menggeser PDIP dari posisi puncak dengan elektabilitas sebesar 27,9 persen, PDIP 23 persen. Posisi ketiga, PKS dengan 9,4 persen, Partai demokrat, 7,8 persen, dan Golkar di urutan kelima dengan elektabilitas 6,8 persen.

Survei dilakukan selama 10 hari sejak 22 Juni-01 Juli 2021 dengan metode wawancara via telepon terhadap lebih dari 1.200 responden yang tersebar di 34 provinsi se-Indonesia. Survei ini menggunakan metode stratified random sampling, margin of error sebesar kurang lebih 2.83% pada tingkat kepercayaan 95 persen. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.