Dark/Light Mode

Masuk Tiga Besar Survei ARSC, Partai Demokrat Girang

Sabtu, 22 Mei 2021 18:58 WIB
Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani. (Foto: Ist)
Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat mengapresiasi dan merespon hasil survei Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC) dengan penuh kesyukuran dan suka cita. Ini konsisten dengan rilis berbagai lembaga survei sebelumnya yang secara konsisten menunjukkan trend kenaikan elektabilitas Partai Demokrat.

Bahkan hasil survei beberapa lembaga survei memotret capaian Partai Demokrat telah memperoleh double digit  dan konsisten masuk tiga besar.

Yang terbaru, rilis hasil survei ARSC menempatkan Partai Demokrat diurutan ketiga sebesar 14,8 persen aetelah Partai Gerindra 15,03 persen, dan PDI Perjuangan sebesar 19,06 persen Berhasil mengungguli Partai Golkar sebesar 10,40 persen serta Partai PKS sebesar 9,10 persen. Jauh meninggalkan PKB 5,5 persen  dan Nasdem 4,4 persen, serta PAN 4,4 persen.

Baca juga : Garis Lurus Dengan AHY, Barisan Militan Demokrat Kutuk Israel

"Kami berpandangan kenaikan elektabilitas ini sebagai hasil dari ujian kenaikan kelas Partai Demokrat yang diterpa prahara pada medio Januari sampai awal April lalu oleh Gerakan Pengambilalihan Kepemimpinan Partai Demokrat (GPK PD) yang dipimpin KSP Moeldoko yang bisa diatasi secara cemerlang dengan hasil yang gemilang," kata Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani dalam rilisnya, Sabtu (22/5).

Selain itu, Kamhar juga menyebutkan  hasil survei ini adalah buah manis dari konsistensi Partai Demokrat yang berada di luar pemerintah sebagai oposisi, yang secara tegas memilih berkoalisi dengan rakyat dan secara terus menerus memperjuangkan aspirasi rakyat.

"Keberhasilan Partai Demokrat melewati terpaan badai politik belum lama ini menunjukkan kualitas kepemimpinan Mas Ketum AHY sebagai nahkoda yang handal," ujarnya.

Baca juga : Airlangga Harap LKI Partai Golkar Produksi Jubir Handal

Kamhar menuturkan, sekurang-kurang ada empat hal yang menjadi kunci sukses yang menunjukkan bobot kepemimpinan AHY yaitu lecepatan dalam merespon persoalan dan mengambil keputusan, ketepatan menerapkan strategi dengan mengajak publik dan kelompok strategis (civil society), termasuk media massa untuk melakukan kontrol demokrasi atas kekuasaan, keberanian, di mana yang dihadapi adalah KSP Moeldoko purnawirawan Jenderal yang berada di kekuasaan dan terakhir kemampuan AHY dalam membangun dan menjaga soliditas kader.

"Kami juga bersyukur Mas Ketum AHY masuk papan atas sebagai Ketua Umum partai politik yang layak jadi Capres 2024," katanya.

Kamhar menilai, hasil survei ini secara tidak langsung menjadi capaian dan modal penting bagi Partai Demokrat untuk semakin optimis menatap dan menuju 2024.

Baca juga : Partai Demokrat Jadi Harapan Baru Rakyat

"Bang Andi Arief selaku Kepala Bappilu DPP Partai Demokrat berpesan kepada kader Partai Demokrat agar tidak terlena dan mengajak seluruh kader untuk bekerja keras, dan terus menjaga kekompakan dan soliditas. Mudah-mudahan Partai Demokrat bisa menerobos dua besar atau minimal tiga besar pada Pemilu 2024 mendatang," harapnya. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.