Dark/Light Mode

Capres Paling Favorit

Prabowo Dikasih Saran Lirik Indonesia Timur Tuh

Minggu, 12 September 2021 07:20 WIB
Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto. (Foto: AP Photo/Vincent Thian)
Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto. (Foto: AP Photo/Vincent Thian)

 Sebelumnya 
Dalam survei SSI, menyoroti kecenderungan pemilih di wilayah Pamasuka, yakni wilayah Papua, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan dengan jumlah pemilih kurang lebih 30 juta orang.

Direktur Eksekutif Index Indonesia, Agung Prihatna mengatakan, Pamasuka adalah wilayah elektoral penting dan strategis yang dalam dua periode pemilihan sebelumnya merupakan daerah yang menjadi kunci kemenangan Jokowi, baik ketika berpasangan dengan Jusuf Kalla maupun Ma’ruf Amin.

Baca juga : Australia Ingin Perkuat Kemitraan Dengan Indonesia

Menurutnya, berdasarkan hasil survei, terdapat tiga bakal calon presiden yang memiliki elektabilitas tertinggi, yakni Prabowo Subianto dengan 37,0 persen, disusul Anies Baswedan 31,9 persen dan Ganjar Pranowo 25,5 persen. Sedangkan untuk 3 besar bakal calon wakil presiden ditempati Agus Yudhoyono 55,5 persen yang merepresentasikan Jawa, disusul Muhaimin Iskandar yang juga berasal dari Jawa sebesar 15,3 persen dan Andi Amran Sulaiman 9,3 persenyang merepresentasikan Indonesia timur. Selain itu, juga terdapat nama Tito Karnavian, figur yang mewakili Sumatera.

Survei ini dilakukan dari 22 hingga 31 Agustus 2021 dengan responden 1000 orang. Margin of error survei ini sebesar 3,3 persen, dan mengklaim memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dengan multistage random sampling.

Baca juga : Mika, Miki, Dan Miko

“Dengan jumlah pemilih sekitar 30 juta, wilayah Pamasuka menjadi penting dalam perebutan suara. Siapa yang mampu merebut suara di wilayah ini dinilai akan mulus memenangkan pertarungan Pilpres,” kata Agung, Jumat (10/9) lalu.

Yang menarik, dari survei ini adalah mencuatnya nama Andi Amran Sulaiman (AAS), yang dinilai merupakan calon wakil presiden yang paling berkontribusi dalam menyumbang suara dan mengangkat elektabilitas ketika dipasangkan dengan calon presiden terkuat lainnya, seperti Anies Baswedan atau Ganjar Pranowo.

Baca juga : Gus Halim Ajak Mahasiswa Bersama Membangun Indonesia Dari Desa

“Bila ingin menang, sebaiknya melirik kawasan Timur Indonesia, dan memilih calon pendamping yang memiliki potensi kontribusi paling besar dalam mendulang suara,” ujarnya. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.