Dark/Light Mode

Elektabilitasnya Meroket

Cak Imin Cs Makin Semangat Borong 100 Kursi Parlemen

Minggu, 10 Oktober 2021 07:25 WIB
Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPKB, Yanuar Prihatin. (Foto: Instagram/yanuar_prihatin)
Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPKB, Yanuar Prihatin. (Foto: Instagram/yanuar_prihatin)

 Sebelumnya 
”Kita mulai dengan pencalegan dini, pemetaan dapil. Semua kita jalani sekarang. Jadi teman-teman, siapa saja, silakan mendaftar jadi caleg PKB. Ini kami lakukan secara terbuka. Nanti akan kami lakukan fit and proper test sekaligus talent scooting,” tuturnya.

Wakil Ketua MPR ini bilang, temuan terbaru SMRC yang menempatkan PKB di posisi tiga besar dan tren elektabilitasnya terus menanjak, membuatnya semakin optimistis dan bergairah menyongsong Pemilu 2024. “Mudah-mudahan nanti kalau dilakukan survei di tiga bulan ke depan, PKB sudah lebih baik posisinya,” harapnya.

Baca juga : Jokowi-JK Nostalgia Di Istana Yogya, Ngobrol Satu Jam, Makan Siang Bareng

Lembaga survei SMRC terkini menyebutkan, jika pemilu diadakan sekarang, PDIP mendapat dukungan terbesar 22,1 persen, disusul Golkar 11,3 persen, PKB 10 persen, Gerindra 9,9 persen, Demokrat 8,6 persen, PKS 6 persen, dan NasDem 4,2 persen. Sementara partai-partai lain di bawah 3 persen, dan yang belum tahu 18,8 persen.

Dilihat dari data tren hasil survei 2020-2021, PKB cenderung mengalami kenaikan dari 7,7 persen menjadi 10,0 persen pada periode yang sama. Golkar dari 8,4 persen menjadi 11,3 persen, Demokrat dari 7,0 persen menjadi 8,6 persen, PKS dari 4,4 persen menjadi 6,0 persen, dan NasDem dari 3,0 persen menjadi 4,2 persen. Dukungan pada partai-partai lain masih di bawah ambang batas 4 persen.

Baca juga : PKB: Gerindra Sudah Kesalip, Insya Allah Golkar Sebentar Lagi

Survei SMRC ini dilakukan pada 15-21 September 2021 melalui wawancara langsung. Terdapat 981 responden yang valid terpilih secara acak (multistage random sampling) dari seluruh populasi Indonesia yang berumur minimal 17 tahun atau sudah menikah.

Margin of error survei denganukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar sekitar 3,19 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (asumsi simple random sampling). [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.