Dark/Light Mode

Elektabilitasnya Terus Meroket

Pengamat: Keberadaan Relawan Ganjar Positif Dalam Demokrasi

Kamis, 26 Agustus 2021 19:14 WIB
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penerimaan publik terhadap Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo untuk menerima tongkat estafet kepemimpinan Jokowi di 2024 nanti relatif stabil dan tinggi. Kehadiran Sahabat Ganjar dianggapnya sebagai sebuah proses demokrasi yang wajar. Relawan harus terus mendukung dengan kegiatan yang dapat mengangkat nama Ganjar semakin melambung.

"Jadi wajar kalau ada inisiatif masyarakat membentuk relawan-relawan untuk mendukungnya. Saya kira fenomena dukungan dari masyarakat terhadap capres mereka telah mulai menjadi tradisi. Inisiatif-inisiatif seperti ini positif bagi demokrasi kita," kata Pengamat Lingkar Madani Untuk Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti, Kamis, (26/8).

Namun demikian, Ray menyebutkan, masih terlalu dini bagi Ganjar Pranowo untuk menikmati elektabilitas tinggi sebagai jaminan lancar karir politiknya dalam kontestasi Pilpres 2024.

"Tentu nanti perlu pasangannya yang dapat melengkapi. Saat ini harus fokus menunjukkan kinerja terbaik dalam menangani pandemi Covid-19 di tempat ia bertugas saat ini," jelasnya.

Baca juga : Wakil Ketua MPR: Kemerdekaan Bukan Sekadar Seremoni

Pada survei Indikator Rabu (25/8) nama Ganjar masih ada di dua besar dalam survei Capres 2024. Dalam simulasi 10 nama, nama Ganjar ada di posisi kedua dengan 21,4 persen. Di posisi pertama ada Prabowo Subianto dengan elektabilitas 27,8 persen. Sedangkan di bawah Ganjar Pranowo ada Anies Baswedan dengan perolehan 14,8 persen, Ridwan Kamil 6,9 persen, Sandiaga Salahuddin Uno 6,1 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono 5,9 persen.

Sementara itu, Pengamat Komunikasi Politik Emrus Sihombing menyebutkan peran relawan untuk sosok capres memerlukan aksi nyata di tengah masyarakat dalam mengatasi persoalan-persoalan bangsa.

"Saat ini pengenalan tokoh untuk maju ke 2024 amat penting. Semua berpacu pada waktu. Lebih cepat mereka merebut simpati rakyat lebih baik, namun tentunya saat ini cara yang tepat adalah membantu masyarakat demi kepentingan negara menghadapi pandemi," ujar Emrus.

Ia menyebutkan, relawan sejatinya berasal dari kata rela. Artinya seorang relawan harus mau berkorban dan membantu sosok yang dijagokan dengan ikhlas dalam misi pengenalan dengan melihat kontekstual terkini.

Baca juga : Jika Ada Kasus Positif Siap-siap Mall Ditutup

"Jadi kalau sekarang masih pandemi, relawan harus bersama-sama membagikan sembako, membantu percepatan vaksinasi Covid-19, serta menyiapkan kebutuhan untuk masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah," kata Emrus.

Menurutnya dengan pola kerja seperti ini, dapat dibarengi dengan menggunakan simbol tidak langsung seperti menggunakan jaket atau atribut dari sosok yang dijagokan oleh para relawan.

"Terakhir, relawan tersebut harus siap untuk tidak mendapat kue. Mereka harus berani mengatakan apabila nanti yang diusung menang, menolak jabatan. Relawan harus tetap mendukung calon meskipun tanpa diberikan jabatan," jelas Emrus.

Elektabilitas Ganjar dari survei nasional Indikator mengalami peningkatan dari waktu ke waktu selama masa pandemi Covid-19. Pada Februari 2020 angka elektabilitas Ganjar di angka 9,1 persen. Kemudian pada September 2020 naik menjadi 11,2 persen. Pada Januari 2021 meningkat menjadi 14,7 persen. Pada April 2021 sempat turun menjadi 13,7 persen. Namun pada Juli 2021 kembali meningkat menjadi 20,8 persen.

Baca juga : Pesan Alan Pada Jojo Dan Ginting: Jaga Emosi Dan Tetap Konsentrasi

Survei Indikator Politik Indonesia dilaksanakan pada 30 Juli hingga 4 Agustus 2021 dengan jumlah responden 1.220 orang menggunakan survei langsung tatap muka. Margin error dari survei statistik ini ada di angka 2,9 persen. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.