Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ucapin Selamat Ke Jokowi

SBY Senang & Lega

Rabu, 22 Mei 2019 07:48 WIB
Susilo Bambang Yudhoyono
Susilo Bambang Yudhoyono

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Demokrat SBY dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan memberikan ucapan selamat ke Jokowi-Ma’ruf Amin yang telah ditetapkan KPU sebagai pemenang Pilpres 2019.
 
Tak hanya menguncapkan selamat ke Jokowi, SBY juga memuji sikap Prabowo yang akhirnya mau memilih jalan yang disediakan konstitusi dalam menggugat hasil Pilpres. 

Ucapan selamat ini disampaikan SBY lewat sebuah video berdurasi 9 menit 23 detik. Video tersebut baru disebarluaskan elite Demokrat pukul 11 malam. SBY memulai pernyataan dengan mengucapkan syukur dan lega karena KPU telah mengumumkan perolehan suara Pemilu 2019.

Berikut Videonya:

“Kita juga bersyukur dan lega, karena isu akan terjadinya aksi-aksi kerusuhan massa pada saat KPU mengumumkan perolehan suara ini, utamanya hasil Pilpres 2019, alhamdulilah tidak terjadi. Paling tidak, pada hari ini,” ucap SBY. 

Baca juga : Ucapkan Selamat Kepada Jokowi, Presiden Xi Jinping Siap Lanjutkan Kemitraan Strategis Dengan Indonesia

SBY berdoa, situasi aman dan tertib ini dapat terus dijaga. Untuk yang mau melakukan aksi atau protes, SBY tidak mempermasalahkan. Sebab, aksi itu dibolehkan. 

Kuncinya, protes apa pun dapat dilakukan secara bertanggung jawab, tertib dan damai. Presiden ke-6 RI ini kemudian menyampaikan bahwa dirinya sudah menyimak pernyataan kedua capres, Jokowi dan Prabowo. 

“Saya bersyukur dan lega karena Bapak Prabowo dalam menyampaikan penolakan atau gugatannya hasil Pilpres yang dihitung KPU melalui jalan konstitusi. Tafsiran saya, melalui MK. Jalan yang dibuka dan disediakan oleh konstitusi kita,” tuturnya. 

Dengan keputusan itu, kata SBY, Prabowo akan dicatat sebagai seorang konstitusionalis. 

“Yang menghormati pranata hukum juga champion of democracy sebuah legacy yang akan dikenang indahnya oleh generasi mendatang,” tuturnya. 

Baca juga : Kemenangan Jokowi-Amin Jadi Sorotan Warga Dunia

SBY semakin senang dan lega setelah mendengar pernyataan Jokowi. Yaitu akan menjadi pemimpin dan pengayom bagi seluruh rakyat Indonesia. Akan berjuang keras demi terwujudnya keadilan sosial dan akan mengajak semua pihak bersatu padu membangun bangsa dan Tanah Air tercinta. 

Komitmen seperti itu, kata SBY, yang ditunggu dan sangat diharapkan rakyat untuk diwujudkan setelah Pemilu ini usai. Komitmen itu menjadi awal yang baik bagi rukun dan bersatunya kembali bangsa Indonesia. 

“Mengiringi ucapan saya kepada Bapak Jokowi dan Ma’ruf Amin, dalam kapasitas saya sebagai Presiden Republik Indonesia ke-6, atas kepercayaan yang diberikan kepada Bapak berdua, untuk memimpin Indonesia lima tahun mendatang. Saya menyambut baik dan mendukung penuh tekad mulia Bapak berdua untuk memimpin dan mengayomi rakyat Indonesia secara adil. Tanpa kecuali. Semoga Allah meridhai,” ucapnya. 

Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan lebih dulu mengucapkan selamat ke Jokowi. Menurut dia, PAN mengakui kemenangan pasangan Jokowi-Mar’uf sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih. 

“Kita mengakui kemenangan Pak Jokowi, Pileg, dan DPD,” katanya, di Kompleks Parlemen, Jakarta, kemarin. 

Baca juga : PM Lee dan Mahathir Ucapkan Selamat ke Presiden Jokowi

Meski begitu, dia mempersilakan kubu Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi jika masih tidak puas untuk menggugat ke MK. Menurutnya, MK adalah lembaga resmi yang bisa digunakan untuk menggugat Pemilu. “BPN punya hak untuk menggugat ke MK. Ditunggu tiga hari ke MK,” ujarnya. 

Namun, untuk hasil Pileg, Zulkifli menyebut ada sejumlah catatan. Makanya, PAN akan menggugat ke MK. Tapi tidak semuanya. Cuma untuk lima daerah pemilihan (Dapil), yang PAN merasa dirugikan. (SAR)
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :