Dark/Light Mode

PPP Cari Jago Pilpres, Ganjar Pranowo Masuk Bidikan

Sabtu, 23 Oktober 2021 15:57 WIB
Gubernur Jawa Tengah sekaligus politisi PDIP, Ganjar Pranowo (Foto: Humas Jateng)
Gubernur Jawa Tengah sekaligus politisi PDIP, Ganjar Pranowo (Foto: Humas Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mulai melirik calon potensial untuk dijadikan Capres 2024.

Sejumlah nama yang masuk daftar bidikan adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Sebagai langkah awal, Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani mengaku sudah melakukan pembicaraan terhadap 4 kepala daerah tersebut, dalam acara Munas Alim Ulama PPP.

Berita Terkait : Survei Capres CPCS: Ganjar Salip Prabowo

"Dalam Munas Alim Ulama pertama di periode ini, kami mengundang gubernur. Karena memang  para kiai itu ingin tahu, apa yang sudah dikerjakan oleh para gubernur yang ada di Jawa,” kata Arsul dalam keterangannya, Sabtu (23/10).

Arsul juga mengatakan, pihaknya akan mempertimbangkan sosok para menteri yang duduk di Kabinet Indonesia Maju, untuk didukung sebagai capres.

"Nanti di Munas Alim Ulama berikutnya, tidak tertutup kemungkinan, kami mengundang para menteri untuk dilirik sebagai calon presiden," jelasnya.

Berita Terkait : Pimpin Jateng Dua Periode, Prestasi Ganjar Berderet

Langkah ini diambil PPP sebagai bagian dari proses pencalonan capres 2024. Sehingga, semua pemangku kepentingan di partai berlambang Kabah itu dilibatkan dalam proses pencalonan presiden.

"Ini bagian dari ikhtiar pendidikan politik, terutama di PPP,  agar ada proses demokratisasi dalam mengusung capres. Jadi, nggak hanya diputuskan oleh elite partai di Jakarta saja," tegas Arsul.

"Selain itu, pemangku kepentingan di PPP jadi lebih tahu siapa tokoh yang diusung. Sehingga, kita tidak seperti membeli kucing dalam karung," tutup Wakil Ketua MPR itu. [UMM]