Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pimpin Jateng Dua Periode, Prestasi Ganjar Berderet

Selasa, 19 Oktober 2021 20:29 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto; Ist)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto; Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tahun 2020 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA) untuk keempat kalinya secara berturut-turut.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Pusat atas komitmen dan peran Pemerintah Daerah, dalam pembangunan sektor perempuan dan anak. Khususnya melalui strategi pengarusutamaan gender.

Jateng menjadi yang terbaik karena mendapatkan penghargaan kategori Mentor, penghargaan tertinggi dalam kategori Anugerah Parahita Ekapraya.

Baca juga : Kata Ma’ruf, Tenang Duit Pemerintah Masih Banyak

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengucapkan selamat pada semua pihak yang telah bekerja keras dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender di Jateng. Dia menegaskan pengarusutamaan gender memang menjadi fokus utama dalam pemerintahanya.

"Karena selain kodrat, tidak ada satu hal pun yang pantas untuk diperbedakan. Gender bukan penghalang meraih kesuksesan," kata Ganjar dalam keterangannya, Selasa (19/10).

Diketahui, selain mendapatkan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya, terdapat berbagai prestasi Jateng di bawah kepemimpinan politisi PDI Perjuangan itu. Di antaranya, penghargaan SAKIP Award tahun 2019. Prestasai ini diperoleh setelah Provinsi Jateng memperoleh nilai A dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN/RB).

Baca juga : Gibran: Pak Ganjar Atasan Saya!

Ini berkat keberhasilan Pemprov Jateng menerapkan sistem e-planning dan e-budgeting dan telah terintegrasi melalui SAKIP. Selain itu, Pemprov juga berhasil memangkas kegiatan yang tadinya sebanyak 4.646 kegiatan menjadi 890 kegiatan. Sehingga mampu melakukan efisiensi anggaran sebanyak Rp 1,2 triliun.

Selain itu, Pemprov Jateng juga meraih penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada tahun 2017. Lembaga itu menyatakan Jateng sebagai provinsi dengan tingkat kepatuhan laporan harta kekayaan penyelenggaraan negara (LHKPN) terbaik di tahun 2017.

Ganjar menambahkan, sejak awal dirinya menjabat, dirinya selalu mendorong agar terbentuk wujud birokrasi yang bersih. Untuk itu, ia menerbitkan Surat Keputusan Gubernur Jateng Nomor 770 Nomor 4 tahun 2014 yang isinya, ketentuan LHKPN di lingkungan Pemprov Jateng yang diwajibkan bagi pejabat eselon I sampai eselon IV, serta direksi, komisaris, dan dewan pengawas BUMD milik Jateng.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.