Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dikenal Sebagai Partai Rasional

Last Minute..., Banteng Diprediksi Restui Ganjar

Minggu, 24 Oktober 2021 07:25 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: YouTube Ganjar Pranowo)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: YouTube Ganjar Pranowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Derasnya dukungan kepada Ganjar Pranowo untuk maju sebagai Calon Presiden (Capres) pada Pilpres 2024, jadi ujian kesabaran bagi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Sebagai partai yang dinilai paling rasional, bukan mustahil Gubernur Jawa Tengah itu akan dipilih, bila elektabilitasnya terus moncer.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menganalisa, PDIP tetap kokoh, sekali pun memecat kader yang cawe-cawe mendukung Ganjar Pranowo maju di Pilpres 2024.

Baca juga : Banteng Dipepet Garuda

“Mau dipecat-pecatin pendukung Ganjar, nggak akan ada blundernya buat PDIP. Partai ini tetap menjadi partai besar,” ujar Adi kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Pernyataan ini merupakan analisa atas pengakuan Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Purwerejo, Albertus Sumbogo, dia telah dipanggil Badan Kehormatan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP untuk menghentikan aksi dukungan kepada Ganjar. Namun dia pantang mundur. “PDIP akhirnya akan realistis kok,” sebutnya.

Baca juga : Dipecat Dari KPK, Rasamala Aritonang Kini Jadi Petani

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta ini menilai, wajar banyak yang mendukung Ganjar sebagai Capres 2024. Baik di dalam maupun di luar PDIP. Meski begitu dia menilai, Ganjar adalah sosok ‘Banteng Tulen’. Jadi, akan tetap garis lurus dengan kebijakan partai.

Kehadiran Relawan Ganjar ini merupakan upaya untuk menekan PDIP untuk mendukung jagoannya. Sebab, tiket Pilpres itu ada di tangan partai politik. Relawan, adalah hanya salah satu cara agar parpol melirik jagoan di Pilpres.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.