Dark/Light Mode

Tegaskan Sebagai Partai Terbuka

Partai Bulan Bintang Pilih Rangkul Caleg Non Muslim

Selasa, 21 September 2021 07:15 WIB
Sekretaris Jenderal PBB, Afriansyah Ferry Noor. (Foto: Istimewa)
Sekretaris Jenderal PBB, Afriansyah Ferry Noor. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Bulan Bintang (PBB) telah membuka pendaftaran calon legislatif (caleg) untuk Pemilu 2024. Meski berasaskan Islam, partai yang didirikan pada 1998 ini mempersilakan tokoh non muslim untuk mendaftar.

“Di Indonesia Timur misalnya, kami menyiapkan juga caleg non muslim, “ujar Sekretaris Jenderal PBB, Afriansyah Ferry Noor kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : 90 Persen Kasus Korupsi di Daerah Terkait Pengadaan Barang Dan Jasa

Namun, dia belum bisa menyebutkan, siapa saja caleg non muslim tersebut. Pasalnya, urusan caleg ini baru dikebut setelah tahapan verifikasi administrasi dan faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) digelar. Tepatnya, setelah Februari 2022.

Menilik laporan yang masuk, sejumlah daerah mulai kebanjiran caleg non muslim. Misalnya, di Provinsi Papua, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Utara (Sulut), hingga Sumatera Utara (Sumut).

Baca juga : Demokrat Bukan Seperti Kacang Lupa Kulitnya Lho

Dikatakannya, PBB bersyukur dan berterima kasih bisa dipercaya menjadi kendaraan politik bersama untuk berjuang di Pemilu 2024, sekalipun, dikenal sebagai partai berbasis muslim. Ferry menceritakan, sebenarnya PBB merupakan partai inklusif. Artinya, terbuka untuk berbagai agama. Apalagi, PBB sudah menegaskan diri sebagai Partai Islam yang keindonesiaan. Bahkan, sejumlah kepengurusan sudah diisi dengan kader non muslim.

Dia juga memberikan kisi-kisi menarik terhadap kader non muslim maupun tokoh yang ingin mendaftar menjadi caleg dari PBB di Pemilu 2024. Di antaranya, para caleg yang sudah mendaftar jauh-jauh hari sebelum Pemilu 2024, bisa mendapatkan nomor kecil. Artinya, mereka tidak perlu bersaing dengan wakil partai incumbent.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.