Dark/Light Mode

Perkuat Tim Advokasi 01

Tobas Berhadap-hadapan Dengan BW di MK

Senin, 27 Mei 2019 00:23 WIB
Taufik Basari (Foto: Istimewa)
Taufik Basari (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada nama baru muncul dalam Tim Advokasi Capres-cawapres 01 Jokowi-Ma’ruf. Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf, Arsul Sani, menerangkan bahwa Taufik Basari merupakan salah satu advokat yang akan memperkuat Tim Advokasi 01 untuk menghadapi gugatan Capres-cawapres 02 Prabowo-Sandi di Mahkamah Konstitusi (MK).

Arsul menyebutkan nama Taufik bersama dengan Yusril Ihza Mahendra dan nama pengacara top lain. "Teguh Samudera, Luhut Pangaribuan, Dini Purwono, Taufik Basari, Irfan Pulungan, dan lain-lain," ujar Arsul, kepada wartawan, Minggu (26/5). 

Baca juga : Tinggalkan Lokasi Reses, Komisi VIII Siap Rapat Dengan Kemenag

Taufik Basari atau yang akrab disapa Tobas merupakan Ketua DPP Partai Nasdem sekaligus Ketua Badan Advokasi Hukum Partai Nasdem ini. Taufik Basari merupakan pengacara spesialis perkara MK. Namanya sering muncul sebagai kuasa hukum perkara sengketa Pemilu, Pilkada, maupun pengujian Undang-Undang di MK, baik sebelum bergabung ke Partai Nasdem maupun setelah menjadi fungsionaris partai politik. 

Taufik Basari merupakan mantan Direktur Bantuan Hukum Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI). Dia juga dikenal sebagai salah satu Tim Pengacara Pimpinan KPK Bibit-Chandra dalam kasus Cicak versus Buaya. Saat itu, ia bersama-sama dalam satu tim dengan Bambang Widjojanto alias BW, yang saat ini merupakan pengacara Ketua Tim Hukum 02.

Baca juga : UU MD3 Bakal Dipecah Jadi 4

Taufik dan BW sering berkolaborasi bersama dalam menangani suatu perkara dan sering pula berhadap-hadapan di persidangan, khususnya dalam perkara-perkara Pilkada di MK. Keduanya juga cukup banyak memenangkan perkara Pilkada di MK. Kita akan menyaksikan selanjutnya adu argumentasi antarkedua tokoh mantan LBH ini dalam perkara sengketa Pilpres 2019 di MK. [USU]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.