Dark/Light Mode

Kata PKB, Marsekal Hadi Tjahjanto Layak Jadi Menteri

Rabu, 10 November 2021 08:50 WIB
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (Foto: Istimewa)
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PKB menilai mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto layak menjadi menteri dalam Kabinet Indonesia Maju. Apalagi, faktanya, pensiunan pejabat TNI sekelas jenderal juga banyak yang dipercaya menduduki jabatan menteri. 

Sebut saja Luhut Binsar Pandjaitan yang kini menjabat Menko Kemaritiman dan Investasi.

Wiranto yang pernah menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM; serta Ryamizard Ryacudu yang pernah menduduki posisi Menteri Pertahanan.

Baca juga : Pensiun, Firli Bahuri Bangga Jadi Anggota Polri

Serta Agum Gumelar yang pernah menjabat Menteri Koordinator Bidang Politik, Sosial, dan Keamanan; Menteri Pertahanan; dan Menteri Perhubungan di masa pemerintahan Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

"Selama ini, sosok mantan Panglima TNI dianggap mumpuni untuk mendapat tugas yang lain. Baik di kabinet maupun lembaga lainnya" kata Ketua DPP PKB, Daniel Johan, Selasa (9/11).

Namun, lanjutnya, hal itu akan sangat tergantung pada Presiden Jokowi. Apakah memang ada kebutuhan dan kecocokan untuk mengisi posisi jabatan di suatu instansi, atau tidak.

Baca juga : KPK Bakal Hadirkan Bos Panin Mu'min Ali Gunawan Di Persidangan

"Sepenuhnya, kita serahkan ke Presiden. Karena itu hak prerogatif beliau. Tapi, namanya tentara, tentu akan selalu siap dengan penugasan apa pun nantinya," ujar Wakil Ketua Komisi IV DPR itu.

Belakangan, isu reshuffle di Kabinet Indonesia Maju memang terdengar santer. Namun, Daniel mengatakan, belum ada info atau perkembangan lebih lanjut terkait hal tersebut.

"Sejauh yang saya tahu, belum ada pembahasan soal itu di partai koalisi," ujar Daniel.

Baca juga : Ketua DPD: Maulid Nabi Harus Jadi Momentum Perubahan Umat Muslim

Seperti diketahui, per 8 November 2021, DPR telah menyetujui pengusulan pencalonan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang pensiun pada 8 November 2021, dan purna tugas pada 1 Desember 2021.

Pada Selasa (9/11), Staf Khusus Menteri Sekretariat Negara Faldo Maldini mengungkap, pelantikan Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI akan digelar sebelum akhir November 2021. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.