Dark/Light Mode

Elektabilitas Tembus 33,4 Persen

Ini 5 Faktor Prabowo Ungguli Ganjar & Anies Versi Survei LSP

Senin, 20 Maret 2023 07:40 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) saat mendampingi Presiden Jokowi kunjungan kerja ke Kalimatan Selatan, Jumat (17/3). (Foto: Twitter Prabowo)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) saat mendampingi Presiden Jokowi kunjungan kerja ke Kalimatan Selatan, Jumat (17/3). (Foto: Twitter Prabowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lingkaran Suara Publik (LSP) merilis hasil survei terbaik terkait elektabilitas kandidat capres untuk Pilpres 2024 secara virtual, Minggu (19/3). Dalam survei ini, Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berada di urutan pertama dengan tembus sebesar 33,4 persen.

Di bawah Prabowo ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan elektabilitas sebesar 21,2 persen. Sedangkan posisi ketiga dipegang bakal capres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, dengan elektabilitas sebesar 20,4 persen.

Baca juga : Erick Patok Palm Co Ungguli Golden Agri

Direktur Eksekutif LSP Indra Nuryadin memaparkan, semakin meningkat elektabilitas Prabowo didorong oleh lima faktor. Di antaranya, kinerja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan yang dinilai publik baik.

Kemudian, endorsement Presiden Jokowi terhadap Prabowo juga menjadi faktor terkuat. Sebab, beberapa kali Jokowi mengajak Prabowo untuk mendampinginya dalam kunjungan kerja ke daerah.

Baca juga : Ini 3 Faktor Yang Bikin Elektabilitas Prabowo Naik Di Litbang Kompas & Survei Lain

"Pertama, kinerja Prabowo yang masih moncer di bidang pertahanan. Tak dipungkiri Jokowi pun sering tampil memberi penghargaan kepada Prabowo dengan hadir pada beberapa acara Kemhan. Kedua, endorsement Jokowi terhadap Prabowo semakin intens,” papar Indra.

Faktor ketiga yang mendongkrak elektabilitas Prabowo sehingga mengungguli Ganjar dan Anies yakni Musra Relawan Projo di berbagai provinsi yang mendukungnya sebagai capres utama.

Baca juga : Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Ganjar Capai 25,3 Persen, Unggul Telak Dari Prabowo Dan Anies

“Faktor keempat, bergesernya dukungan organ relawan Jokowi yang mendukung Ganjar ke Prabowo. Faktor kelima, semakin intensnya Prabowo menyapa tokoh-tokoh berpengaruh dan menyapa rakyat di basis-basis pemilihnya dulu semakin menaikkan keyakinan dan kepercayaan pilihan terhadap Prabowo," jelas Indra.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.