Dark/Light Mode

Ini 3 Faktor Yang Bikin Elektabilitas Prabowo Naik Di Litbang Kompas & Survei Lain

Kamis, 23 Februari 2023 13:06 WIB
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto saat menerima dukungan dari JoMan. (Foto: Tim Media Prabowo)
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto saat menerima dukungan dari JoMan. (Foto: Tim Media Prabowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah hasil survei yang dirilis baru-baru ini menunjukkan tren elektabilitas Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengalami kenaikan. Di beberapa survei, Ketua Umum Partai Gerindra itu bahkan berada di posisi teratas dan mengungguli Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Pengamat politik sekaligus Direktur Indo Strategi Research and Consulting Arif Nurul Imam mengungkapkan, naiknya elektabilitas Prabowo tidak terlepas dari tiga faktor utama. “Pertama, konsolidasi dan berkunjung menyapa masyarakat yang semakin intensif dilakukan,” jelasnya, Kamis (23/2).

Baca juga : Analisa Pengamat Soal Naiknya Elektabilitas Prabowo di Litbang Kompas dan Survei Lainnya

Kedua, adanya limpahan pendukung Presiden Jokowi. Sebab, ada indikasi endorse yang dilakukan Jokowi kepada Prabowo. “Ketiga, adalah faktor kinerja,” jelas Arif.

Salah satu contoh bentuk limpahan pendukung Jokowi dapat terlihat dari berubahnya haluan relawan Jokowi Mania (JoMan). Awalnya, JoMan mendukung Ganjar Pranowo, tapi kini mulai merapatkan barisan untuk mendukung Prabowo. Ketua Umum JoMan Immanuel Ebenezer atau yang akrab disapa Noel, telah mendeklarasikan pembentukan Prabowo Mania 08 sebagai wujud dukungan untuk Prabowo pada Pilpres 2024.

Baca juga : Ini Yang Bikin Skuad Merah Putih Anjlok Di Pentas BAMTC

Sementara itu, kecenderungan endorse yang terindikasi dari cara Jokowi yang kerap menyebut nama Prabowo secara langsung dalam sejumlah acara besar. Seperti saat HUT Partai Perindo dan Harlah PPP.

Elektabilitas Prabowo dalam hasil survei yang dirilis Litbang Kompas, Selasa (21/2) menunjukkan kenaikan dibandingkan dengan survei serupa yang dilakukan Oktober 2022. Survei terbaru Litbang Kompas menunjukkan, elektabilitas Prabowo berada di angka 18,1 persen.

Baca juga : Survei: Elektabilitas Partai Gerindra Kokoh Di Posisi 2

Sementara itu, Political Statistics (POLSTAT) menunjukkan hasil survei dengan angka elektabilitas Prabowo yang mencapai 33 persen. Dalam survei ini, Prabowo berada di posisi puncak, jauh meninggalkan Ganjar Pranowo dengan 20,6 persen dan Anies Baswedan dengan 19,4 persen.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.