Dark/Light Mode

Melambung Di Hasil Survei, Ini Kata Gerindra

Elektabilitas Prabowo Pemantik Kemenangan

Jumat, 24 Maret 2023 07:55 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto mendapat dukungan dari Jokowi Mania. (Foto: Twitter)
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto mendapat dukungan dari Jokowi Mania. (Foto: Twitter)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto kian moncer di sejumlah hasil survei bursa Pilpres 2024. Sinyalemen dukungannya pun terus berdatangan, termasuk dari kalangan istana.

Terkini, Lembaga Survei Jakarta (LSJ) merilis hasil surveinya yang menempatkan Prabowo di posisi puncak dengan raihan elektabilitas 33,1 persen.

“Ketika LSJ menanyakan kepada responden jika Pilpres dilaksanakan saat ini siapakah yang akan dipilih, ternyata se­banyak 33,1 persen responden menyatakan memilih Prabowo Subianto,” ujar Peneliti Senior LSJ, Fetra Ardianto saat meri­lis hasil survei secara daring, kemarin.

Baca juga : Ingin Kalangan Santri Kuat, Rayendra Luncurkan Program Pesantren Sehat

Di posisi kedua ada nama Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dengan 22,6 persen. Selanjutnya, eks Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berada di posisi ketiga dengan 18,1 persen.

Di posisi papan tengah, mun­cul nama Ridwan Kamil (6,8 persen), disusul Agus Harimurty Yudhoyono (4,2 persen), Erick Thohir (3,4 persen), Moeldoko (3,2 persen), dan Sandiaga Uno (2,3 persen).

Sedangkan di papan bawah ada nama Puan Maharani (2,1 persen), Airlangga Hartarto (1,8 persen), dan Muhaimin Iskandar (0,9 persen). Sebanyak 1,5 persen responden belum punya pilihan.

Baca juga : Survei SMRC: Ganjar Teratas, Elektabilitas Terus Naik Signifikan

Survei ini, digelar medio 12-18 Maret 2023 di 34 provinsi di yang ada di seluruh Indonesia. Populasi dari survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih atau seluruh penduduk Indonesia yang minimal telah berusia 17 tahun.

Jumlah sampel sebesar 1200 responden, diperoleh melalui teknik pencuplikan secara acak sistematis (systematic random sampling). Margin of error +/-2,83 persen, dan pada tingkat ke­percayaan (level of confidence) sebesar 95 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggu­nakan teknik wawancara melalui telepon (tele-polling) dengan pedoman kuesioner.

Direktur eksekutif Lingkaran Suara Publik (LSP) Indra Nuryadin juga menyebut nama Prabowo Subianto nangkring di survei terkini bursa Pilpres 2024 miliknya. Elektabilitas Prabowo, mencapai 33,4 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.