Dark/Light Mode

Bela Hak Perempuan Melalui Lagu Persekusi, Lirabica Inspirasi Wanita Masa Kini

Sabtu, 25 Maret 2023 21:58 WIB
Bacaleg Dapil VI DKI Jakarta dari Partai Golkar Lirabica. (Foto: Instagram Lirabica)
Bacaleg Dapil VI DKI Jakarta dari Partai Golkar Lirabica. (Foto: Instagram Lirabica)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tindakan persekusi masih sering terjadi belakangan ini, baik yang dilakukan perorangan maupun kelompok tertentu yang dilatarbelakangi sentimen gender, rasis, agama, dan suku. Padahal, tindakan persekusi merupakan salah satu bentuk kejahatan kemanusiaan yang ditetapkan sejak 1993 dengan diadopsinya Statuta Pengadilan Internasional untuk Rwanda (ICTR).

Salah satu korban yang mengalami persekusi adalah Lirabica, Finalis Miss Earth 2019. Ia mengaku mengalami tindakan persekusi warga sebanyak dua kali. Seketika, gerombolan warga yang masuk ke dalam rumah tanpa izin membuat dirinya syok pada saat itu.

Baca juga : Perempuan Benteng Kokoh Halau Kekerasan dan Intoleransi Sejak Dini

Atas dukungan moril dari keluarga dan kerabat terdekat, ia pun bangkit dan pulih. Semangat dan kepercayaan diri semakin meningkat setelah melakukan ibadah secara khusyuk dan konsisten.

Kini, Lirabica mengatakan, peristiwa persekusi yang dialaminya itu justru ada hikmahnya. "Yakni sebagai media edukasi dan advokasi terhadap korban persekusi khususnya perempuan," ujarnya, di Jakarta, Sabtu (25/3).

Baca juga : Ekonomi Perubahan Iklim Perkuat Kolaborasi Pusat Dan Daerah

Untuk melindungi dan membela hak perempuan dari upaya persekusi, Lirabica meluncurkan sebuah lagu yakni "Persekusi" pada awal tahun 2023. Lagu tersebut telah didengar ratusan ribu orang melalui kanal YouTube, TikTok, Instagram, Spotify, dan Apple music.

Lirabica pun memutuskan bergabung di politik melalui Partai Golkar dan menjadi Bacaleg Dapil VI DKI Jakarta. "Tujuan saya, untuk meparipurnakan perjuangan advokasi hak-hak perempuan," tutupnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.