Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Obrolan Kampung Di Ternate Sebut Anies Capres 2024 Paling Layak

Rabu, 12 April 2023 08:56 WIB
Obrolan Kampung Amanat Indonesia (Opung Anies) di Kampung Kayu Merah, Kecamatan Kota Ternate Selatan, Maluku Utara (Malut), Selasa (11/4). (Foto: Istimewa)
Obrolan Kampung Amanat Indonesia (Opung Anies) di Kampung Kayu Merah, Kecamatan Kota Ternate Selatan, Maluku Utara (Malut), Selasa (11/4). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Obrolan Kampung Amanat Indonesia (Opung Anies) terus bergerilya untuk meraup suara masyarakat di perkampungan, Selasa (11/4). Relawan Amanat Indonesia atau disingkat ANIES bergerak ke Kampung Kayu Merah, Kecamatan Kota Ternate Selatan, Maluku Utara (Malut).

Pembicara Opung Anies, Hasby Yusuf yang juga Aktivis dan Sekretaris KAHMI Malut mengklaim, suara akar rumput di Maluku Utara mayoritas cenderung memilih Anies.

Selain karena cerdas dan berjiwa negarawan, menurut Hasby, mantan Gubernur DKI Jakarta itu jauh lebih dikenal semua kalangan masyarakat Indonesia, khususnya di Maluku Utara.

"Nah, hari ini kita lihat bahwa Indonesia membutuhkan sosok pemimpin yang cerdas seperti bang Anies. Begitu juga dari latar belakang keluarga, kakek beliau adalah seorang pejuang kemerdekaan Indonesia jadi kurang apalagi kalau beliau ingin mengabadikan dirinya untuk negeri ini," sambung Hasby.

Dia lantas menyindir akhir-akhir ini banyak orang yang teriak-teriak 'jualan' slogan NKRI harga mati, tetapi perilakunya bertentangan dengan tujuan bernegara untuk mensejahterakan seluruh rakyat. Khususnya masyarakat di wilayah Indonesia Timur.

Baca juga : Sandi Cawapres Anies Masuk Radar PKS

"Harga matinya apa? bukan harga mati tapi NKRI mematikan rakyat. Kalau slogan-slogan seperti itu anak kecil juga bisa. Maluku Utara adalah penambah panjang daratan Indonesia jadi seharusnya Maluku Utara juga harus diperhitungkan oleh negeri ini. Nyatanya kita di wilayah Indonesia timur selalu saja tidak mendapatkan keadilan dari semua sektor," cetus dia.

Pembicara lainnya, pegiat Kemasyarakatan/Ketua Humanis Malut, Muhammad Adam memaparkan sejumlah kinerja Anies saat memimpin Jakarta, sehingga pantas menjadi Presiden Indonesia di 2024.

"Indonesia butuh Anies, Maluku Utara siap memenangkan Anies jadi presiden. Kenapa? karena Anies adalah orang yang ikhlas dan benar-benar bekerja untuk kepentingan rakyat, contoh kecil saja ketika Anies jadi Gubernur DKI banyak perubahan yang Anies lakukan, mulai dari infrastruktur maupun suprastruktur," ungkapnya.

Dia mengungkapkan, beberapa kebijakan Anies juga terbukti berpihak pada kepentingan masyarakat kecil. Karena itu, Adam mengajak kepada warga Malut khususnya kaum millenial dan Srikandi Maluku Utara untuk berjuang memenangkan Anies dalam Pilpres 2024.

"Presiden tidak boleh lagi sekadar berganti presiden, namun apa yang kita rasakan sekarang? Yang kaya tetap kaya dan yang miskin tetap miskin. Saya yakin betul bahwa jika Anies menjadi presiden Insya Allah beliau bisa membangun Indonesia sebagaimana tema diskusi pada malam ini yaitu 'mensejahterakan seluruh rakyat Indonesia'," jelas Adam.

Baca juga : Dubes Rosan Ajak WNI Di Amerika Serikat Sukseskan Pemilu 2024

Sementara itu, tokoh masyarakat Kelurahan Fitu, Kota Ternate Selatan, Yusuf Hasan menilai, dari semua kandidat yang muncul untuk mencalonkan diri sebagai presiden 2024, hanya Anies Baswedan yang layak.

"Anies tidak memiliki jejak yang buruk, beliau juga cerdas dan jujur," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Abdullah Adam menyatakan, bahwa kehadiran Opung Anies di Maluku Utara guna mengajak warga di level kampung peka terhadap dinamika politik kekinian agar tidak salah dalam memilih pemimpin Indonesia ke depan.

Relawan ANIES yang dipimpin Sahrin Hamid itu pun mengajak masyarakat untuk menggunakan hak politiknya dengan memilih bakal calon presiden Anies Baswedan pada Pilpres 2024.

Abdullah Adam, menyebut suara warga di kampung-kampung akan sangat mempengaruhi atau menentukan masa depan Indonesia ke depan.

Baca juga : 6 Warga Palestina Meregang Nyawa

"Jika kita salah memilih pemimpin ke depan, maka sama saja kita telah turut sama-sama menjerumuskan negeri ini kedalam jurang kehancuran," kata Abdullah Adam.

Dia pun memastikan, Opung Anies ini akan terus digalakkan sebagai sarana untuk mensosialisasikan sosok Anies Baswedan sebagai Capres yang paling ideal di 2024.

"Bang Anies adalah sosok pemimpin yang ideal untuk memimpin dan membawa Indonesia yang lebih baik lagi di mata dunia internasional," pungkas Abdullah Adam.

Sebagaimana diketahui, Opung Anies ini merupakan safari politik Relawan ANIES yang ketujuh, setelah pada 23 Maret 2023, program Opung ANIES dilaksanakan di Cigagak Cisurupan Kota Bandung, di Desa Cicalengka Wetan, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung pada 1 April 2023, dan di Kampung Mangahang Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada 6 April 2023.

Program Opung Anies pertama kali diluncurkan oleh Ketua Umum Amanat Indonesia, Sahrin Hamid di Palmerah Jakarta, pada 20 Maret 2023. Selain itu, Opung Anies sebelumnya juga telah diselenggarakan di Indonesia Timur, tepatnya di Kampung Cina di Warkop Marimoi Tobelo, Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara pada 4 April 2023 lalu. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.