Dark/Light Mode

Relawan RD3 Launching Buku

Anies Baswedan Pemimpin Yang Memanusiakan

Rabu, 11 Januari 2023 17:26 WIB
Bedah buku terbaru karya M Chozin Amirullah feat Ina Aie Tanamas berjudul Kata Rakyat Tentang Anies di Rumah Relawan RD3, Jalan Duren Tiga Raya 101, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (11/1). (Foto: Istimewa)
Bedah buku terbaru karya M Chozin Amirullah feat Ina Aie Tanamas berjudul Kata Rakyat Tentang Anies di Rumah Relawan RD3, Jalan Duren Tiga Raya 101, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (11/1). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Rumah Duren Tiga (RD3) me-launching dan bedah buku terbaru karya M Chozin Amirullah feat Ina Aie Tanamas berjudul Kata Rakyat Tentang Anies di Rumah Relawan RD3, di Jalan Duren Tiga Raya 101, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (11/1).

Penulis buku Ina Tanamas menyatakan, buku ini hasil wawancara dengan warga DKI Jakarta. Isinya, salah satunya kiprah Anies Baswedan selama jadi Gubernur DKI Jakarta dalam menata warga miskin kota di berbagai wilayah Jakarta.

"Setelah jadi Gubernur, Pak Anies bekerja sama dengan berbagai stakeholder menata kampung kumuh. Seperti di Rumah Susun Akuarium, Kampung Bayam, Bukit Duri dan lainnya," kata Ina saat Bedah Buku terbaru karya M Chozin Amirullah feat Ina Tanamas berjudul Kata Rakyat Tentang Anies di Rumah Relawan RD3, Jalan Duren Tiga Raya 101, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (11/1).

Baca juga : Relawan Klaim Dukungan Terhadap Ganjar Di Seluruh Indonesia Kian Masif

Dikatakan Ina, konsep dan gagasan Anies dalam menata daerah slum DKI Jakarta adalah menghilangkan kumuhnya, dan membangun kampungnya. Bukan digusur dan tanahnya diberikan ke pengusaha swasta.

"Selama menjadi Gubernur, warga kampung-kampung yang ditata ini tak pernah dapat surat penggusuran. Saya trenyuh saat wawancara menemui warga. Mereka merasa dimanusiakan. Belum pernah ada Gubernur yang mau ditelfon warga. Mereka menangis dan mengaku akan mendukung Pak Anies apapun nanti," ceritanya.

Dikatakan, Anies amat dekat dengan warga DKI. Bahkan, jika diundang, Anies tak segan tahlilan ke rumah-rumah warga-warga DKI.

Baca juga : Relawan Pasang Badan Soal Logo Baznas Bantuan Dari Ganjar

"Beliau tidak berjarak dengan warga. Pak Anies juga perhatian kepada ASN DKI. Pak Anies pemimpin yang soleh saya pikir," tuturnya menceritakan salah satu kisah dalam buku ini.

Sedangkan Chozin Amirullah menyatakan, buku ini sangat ringan. Hasil wawancara yang tak terlalu berat dari perspektif kehidupan orang biasa. Berisi hal humanis dan manusiawi. Seperti interaksi antara pemimpin dan rakyatnya.

"Buku ini merekam secara jujur warga. Orang-orang yang kita tulis ini, memaknai politik sebagai alat perjuangan. Ketika membuahkan hasil pemimpin, mereka terus mengawal, bahkan mengevaluasinya," ujar Chozin.

Baca juga : Kader PPP Ganti Baju Dukung Anies Baswedan

Hasil penjualan buku ini, lanjut Chozin, akan digunakan untuk membiayai kegiatan Relawan RD3.

"Kita politik bermartabat. Menolak politik uang dan transaksional. Kami mengusung ide dan gagasan. Semuanya ada dipaparkan buku ini. Pak Anies berpolitik memperjuangkan masyarakat yang paling terbawah," tandas Chozin.

Chozin mengaku, sudah banyak pihak dari beragam latar belakang kelompok yang memesan buku ini. "Bahkan ada dari komunitas Tionghoa," sebutnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.