Dark/Light Mode

Jokowi Tak Unggah Momen Bareng Ganjar, Ini Analisis Qodari

Kamis, 13 April 2023 00:52 WIB
Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari (Foto: Istimewa)
Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menghabiskan waktu selama tiga hari di Jawa Tengah, dari Jumat (8/4) sampai Senin (10/4). Di momen itu, Jokowi banyak bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Mulai dari Salat Jumat, blusukan Ke pasar tradisional, sampai Salat Tarawih. Namun, tak satu pun momen kebersamaan itu diunggah Jokowi dalam media sosialnya.

Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari menganalisa hal ini. Dia menduga, Jokowi masih belum nyaman dengan Ganjar imbas batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Qodari melihat, ada perbedaan unggahan di media sosial Jokowi dan Ganjar. Ganjar nampak jelas terlihat mengunggah 9 momen kebersamaan dengan Jokowi saat berkegiatan di Jawa Tengah di akun pribadi Instagram @ganjarpranowo. Sedangkan Jokowi sama sekali tak mengunggah foto-foto dengan Ganjar di akun media sosial pribadinya.

Baca juga : 5 Hari Di Jateng, Jokowi 6 Kali Bareng Ganjar

Dalam amatan Qodari, hal ini masih berkaitan dengan buntut gagalnya Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan Piala Dunia U-20.

“Kebersamaan Ganjar dengan Jokowi itu nongol hanya di medsos Ganjar. Tapi Jokowi nggak sama sekali ya. Saya kira medsos ini memang menggambarkan perasaan Pak Jokowi yang sesungguhnya gitu lho,” ujar Qodari.

Qodari juga menganalisa, sikap Jokowi yang tak mengunggah kegiatannya bersama Ganjar di Jawa Tengah di akun media sosial pribadinya sebagai bentuk menjaga keseimbangan politik. Sebagai presiden, Jokowi tentu harus mengayomi gubernur.

Baca juga : Lagi, Ganjar Mesra Semobil Bareng Jokowi Saat Tinjau Pasar Di Boyolali

“Karena Pak Jokowi beliau ini pemimpin bangsa, presiden, ya harus mengayomi gubernur-nya. Jangan-jangan Pak Jokowi ditelepon sama DPP, Pak tolong Pak itu survei lagi pada turun, siapa tahu pas sama Pak Jokowi bisa naik. Jadi, ini menurut saya perasaannya itu masih belum nyaman. Ya balik lagi, ini politik keseimbangan,” jelas Qodari.

Sebelumnya, hubungan Jokowi dan Ganjar diisukan retak setelah batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Ganjar menjadi salah satu pihak yang menolak kehadiran Tim Israel bertanding di Indonesia.

Peristiwa ini turut memengaruhi elektabilitas Ganjar sebagai kandidat capres di 2024. Dalam beberapa survei terbaru, elektabilitas Ganjar merosot dan kini berhasil disalip Prabowo Subianto.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.