Dark/Light Mode

Pemerintah Kembali Tunjuk Pos Indonesia Salurkan Bansos Beras 2023

Sabtu, 1 April 2023 21:27 WIB
Petugas Pos Indonesia menyalurkan bansos bantuan beras kepada Keluarga Penerima Manfaat. (Foto: Dok. Pos Indonesia)
Petugas Pos Indonesia menyalurkan bansos bantuan beras kepada Keluarga Penerima Manfaat. (Foto: Dok. Pos Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pos Indonesia dipercaya Pemerintah dalam menyalurkan Program Cadangan Pangan Pemerintah untuk Pemberian Bantuan Pangan Tahun 2023.

Dalam mendistribusikan bantuan beras sebanyak lebih dari 132 juta kilogram, Pos Indonesia bekerja sama dengan Perusahaan Umum (Perum) Bulog.

Bantuan beras tersebut diserahkan kepada 13 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar du 18 provinsi di seluruh Indonesia selama 3 bulan, yaitu Maret - Mei 2023.

Direktur Bisnis Kurir dan Logistik Pos Indonesia, Siti Choiriana, berterima kasih kepada pemerintah dan Bulog atas kepercayaan yang diberikan kepada Pos Indonesia dalam program penyaluran bantuan.

Baca juga : Bamsoet Terima Naskah RUU Perlindungan Pelajar Indonesia di Luar Negeri dari PPI

“Suatu kebanggaan bagi Pos Indonesia telah dipercaya kembali untuk membantu dan mendistribusikan bansos di tahun 2023 ini," ujar Siti Choiriana dalam keterangannya, Jumat (31/3).

Siti Choiriana menambahkan, sebelumnya, di 2021 hingga 2022 Pos Indonesia diamanahi menyalurkan bantuan yang sama dan alhamdulillah sukes mendistribusikan seluruhnya tepat waktu.

Pos Indonesia telah menyalurkan bantuan ke beberapa provinsi, seperti Papua, Papua Barat, Jawa Tengah, dan beberapa provinsi lainnya. Di Provinsi Papua sebanyak 4.654 ton beras telah disalurkan. Sementara itu, di Papua Barat sebanyak 750 ton beras juga telah disalurkan.

Masing-masing KPM akan mendapatkan bantuan beras sebanyak 10 kilogram per bulan selama 3 bulan yang dimulai pada 31 Maret 2023.

Baca juga : Pemerintah RI-Federasi Rusia Sepakati Perjanjian Ekstradisi

Penunjukan Pos Indonesia mendistribusikan bantuan ini bukanlah tanpa alasan. Siti Choiriana membeberkan perusahaan yang telah berusia 276 tahun ini memiliki sebaran titik serta jangkauan paling luas hingga ke daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal).

Pos Indonesia terdapat 42 Kantor Cabang Utama, 168 Kantor Cabang, dan 4.308 Kantor Cabang Pembantu di seluruh wilayah Indonesia.

“Lebih dari 5.000 pengantar akan kami kerahkan untuk membantu menyalurkan Program Cadangan Pangan Pemerintah untuk Pemberian Bantuan Pangan Tahun 2023,” jelas perempuan yang akrab disapa Ana.

Supaya bantuan tersebut tepat sasaran dan diterima oleh yang berhak, Pos Indonesia selalu menerapkan langkah-langkah, seperti melakukan validasi penerima dan melakukan geotagging pada tiap penerima manfaat.

Baca juga : Erick Terima 2 Perintah Dari Jokowi, Jangan Sampai Indonesia Dikucilkan Dari Sepak Bola Dunia

“Proses validasinya adalah kami memastikan dan mencocokkan data penerima, memfotonya, lalu mencocok datanya sehingga kami tahu bahwa KPM ini benar," pungkas Ana. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.