Dark/Light Mode

Pemerintah Beberin Konsep Revitalisasi

Monas Bakal Makin Hijau Punya Tempat Kongkow

Jumat, 14 April 2023 07:30 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melakukan rapat koordinasi bersama Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Dok. Kementerian PUPR).
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melakukan rapat koordinasi bersama Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Dok. Kementerian PUPR).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Pemerintah Pusat bakal kembali melakukan revitalisasi Monumen Nasional (Monas). Konsep utamanya, menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Selasa (11/4), Penjabat Gu­bernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menggelar pertemuan dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Balai Kota, Jakarta.

“Kami menyamakan persepsi konsep Monas ke depan. Intinya, konsepnya menambah hijau Mo­nas yang kini 50 persen menjadi 64 persen,” kata Heru.

Baca juga : 75 Persen Masukan Masyarakat Terakomodir

Heru menegaskan, penghijau­an ini tidak akan membongkar Plaza Selatan Monas, yang telah direvitalisasi era Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Menteri Basuki menuturkan, penataan Monas dilakukan ber­tujuan agar pengunjung lebih nyaman.

“Karena akan ada amphitheater (gelanggang terbuka). Kemudian, dari segi rumput yang kurang akan kami buat jadi lebih hijau,” kata dia.

Baca juga : Kali Ini Alasannya, Mepet Waktu Sahur

Basuki bilang, untuk menam­bah hijau, beton di kawasan Monas akan dikurangi.

Dia menyebut, desain dan master plan penataan Monas sudah siap. Karena itu, pihaknya akan segera memproses pelaksanaan revitalisasi Monas. “Kita akan bawa ke Dewan Pengarah Penataan Kawasan yang diketuai oleh Bapak Mensesneg dan akan segera Kita laksanakan tahun 2023 ini,” ucap Basuki.

Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup DKI Jakarta Afan Adriansyah mengatakan, penghijauan di Monas akan dilakukan dengan menambah sekitar 300 pohon baru. Kemudian, penambahan jalur hijau di beberapa lokasi secara ber­tahap. Di antaranya, empat sisi silang Monas, parkir IRTI, dan Lenggang Jakarta. Untuk itu, pihaknya telah menyiapkan lo­kasi pengalihan selama proses revitalisasi.

Baca juga : HNW Minta FIFA Konsisten Larang Timnas Israel Main Di Indonesia

“Untuk parkir (dialihkan ke Gambir). Dan untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), akan kami siapkan di sisi Timur Monas,” terang Afan.

Soal amphitheater, dipapar­kannya, fasilitas tersebut untuk menunjang kegiatan warga di Monas. Fasilitas itu bisa dibuat untuk kongkow alias sebagai ruang publik berkumpul.

“Jadi kayak terasering berun­dak yang akan dikasih rumput. Sehingga orang bisa duduk di rumput, memandang Monas,” bebernya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.