Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Matangkan Pemenangan Ganjar

Minggu Besok, Mega Mau Ketemuan Sama Bos PPP

Jumat, 28 April 2023 14:03 WIB
Bacapres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo (Foto: Istimewa)
Bacapres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono akan bertemu dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Minggu (30/4).

Terkait hal ini, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebut, pertemuan kedua bos partai itu akan membahas pemenangan Ganjar Pranowo, sebagai bakal calon presiden (bacapres) di Pilpres 2024.

"Pak Mardiono bersama jajaran pengurus PPP, akan kami terima di Kantor DPP PDIP pukul 14.00 WIB. Komunikasi via telepon sudah dilakukan. Pertemuan ini akan menjadi kesempatan pertama bertemu dengan Ibu Megawati Soekarnoputri, untuk meneguhkan kerja sama politik," papar Hasto, Jumat (28/4).

Baca juga : Basarah Pimpin Desk Khusus Kerja Sama Relawan

"Sesuai mekanisme kedua partai, kerja sama ini akan kokoh guna memperkuat sistem presidensial, dalam sistem kepartaian yang menempatkan rakyat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi," imbuhnya.

Hasto menyebut, Banteng dan Ka'bah telah memiliki chemistry sejak lama. Selama masa Orde Baru, keduanya menjadi representasi partai tertindas. Sehingga, terbangun ikatan emosional di antara kedua partai dalam suatu hubungan yang unik, yang disatukan oleh perasaan senasib sepenanggungan.

"Kerja sama dengan PPP, akan sangat positif, dan semakin memperkuat energi kemenangan Pilpres 2024. Seluruh kerja sama partai politik dilakukan melalui komunikasi partai dengan partai," ujar Hasto.

Baca juga : Capreskan Ganjar, Bu Mega Sehati Dengan Rakyat

Politisi asal Yogyakarta ini menuturkan, dalam membangun kerja sama politik, PDI Perjuangan menitikberatkan pada tiga hal. Pertama, bekerja sama dengan parpol koalisi. Namun, itu tidak berlaku bagi partai yang sudah mendeklarasikan capresnya sendiri.

Kedua, menempatkan aspek ideologi kebangsaan-kerakyatan, kesejarahan, kultur, serta kesesuaian agenda masa depan.

Ketiga, kerja sama ditujukan untuk memperkuat aspek elektoral capres.

Baca juga : PDIP Senang PPP Sehati Dukung Ganjar, Kedua Parpol Segera Ketemuan

"Ditinjau dari aspek elektoral, kerja sama dengan PPP akan memperluas basis pemilih, dan lebih mencerminkan gambaran Indonesia," jelas Hasto. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.