Dark/Light Mode

Survei LKPI

Tingkatkan Perekonomian, Publik Dukung Airlangga Nyapres

Selasa, 2 Mei 2023 14:58 WIB
Menko Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)
Menko Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Elektabilitas Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menempati posisi teratas dalam survei terbaru bakal calon presiden (bacapres) yang dilakukan Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI). Yang mengejutkan, Airlangga mengungguli tiga tokoh yang berpotensi maju pada Pilpres 2024.

Menurut Direktur Eksekutif LKPI Heru Suyatno, lembaganya melakukan survei dengan didasari pengalaman, kemampuan, dan prestasi.

"Dengan simulasi nama-nama tokoh yang disodorkan, Airlangga Hartarto kembali unggul dengan 29,20 persen suara. Disusul Prabowo Subianto 23,30 persen, Ganjar Pranowo 18,40 persen, dan Anies Baswedan 10,60 persen," kata Heru dalam keterangannya, Selasa (2/5).

Baca juga : Silaturahmi Lebaran, Prabowo, Ical Dan Airlangga Duduk Semeja

Senada, penilaian masyarakat terhadap tokoh bacapres yang mengacu pada empat ukuran perilaku spesifik dan aspek kepemimpinan transformasional untuk tokoh yang dipilih masyarakat (responden) sebagai pemimpin yang berkaitan dengan hal tersebut, dengan simulasi nama-nama tokoh yang disodorkan, maka tokoh yang paling banyak dipilih adalah Airlangga Hartarto sebanyak 28,3 persen.

"Disusul Prabowo Subianto 17,3 persen, Ganjar Pranowo 11,7 persen, dan Anies Baswedan 8,4 persen," tambahnya.

Hasil ini selaras dengan perolehan elektabilitas yang didapatkan Golkar.

Baca juga : AP I Berangkatkan 1.798 Pemudik Ke Berbagai Daerah

"Hasil survei menunjukan jika Pemilu digelar hari ini maka Golkar dipilih sebanyak 18,8 persen, Gerindra 14,4 persen, PDI Perjuangan 14,1 persen, Demokrat 11,6 persen, PKS 6,1 persen, NasDem 5,2 persen, PKB 5,1 persen, Perindo 4,2 persen, PAN 2,8 persen, PPP 2,3 persen dan gabungan parpol lain 3,1 persen, dan tidak memilih sebanyak 12,3 persen," ungkapnya.

Selain itu, temuan LKPI menunjukkan masyarakat menginginkan calon pemimpin Indonesia ke depan harus memiliki kemampuan melakukan transformasi di bidang ekonomi dan pembangunan sumber daya manusia.

Hal ini menjadi tantangan terbesar Indonesia di tengah gempuran teknologi dan globalisasi.

Baca juga : OJK Gandeng Dukcapil Tingkatkan Pengawasan Industri Jasa Keuangan

"Untuk kriteria yang harus dipenuhi calon pemimpin di masa depan, adalah mampu meningkatkan kualitas ekonomi dan sumber daya manusia Indonesia. Pasalnya, persaingan ekonomi ke depan akan semakin ketat," papar Heru. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.