Dark/Light Mode

Head To Head Dengan Prabowo, Ganjar Menang Telak

Senin, 8 Mei 2023 08:49 WIB
Capres dari PDIP yang juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyapa warga saat berolahraga, di Alun-alun Jember, Jawa Timur, Minggu (7/5). (Foto: Antara)
Capres dari PDIP yang juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyapa warga saat berolahraga, di Alun-alun Jember, Jawa Timur, Minggu (7/5). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Survei capres kembali menempatkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai juara 1. Capres yang sudah resmi dijagokan PDIP itu, unggul jauh meninggalkan lawannya.

Menariknya, lembaga survei kredibel seperti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) baru saja membuat simulasi head to head atau simulasi dua nama secara tertutup: Ganjar dan Prabowo Subianto. Selama ini, memang Ganjar dan Prabowo selalu bertengger di urutan nomor 1 dan 2 survei capres. Nah, kalau nanti pada akhirnya Ganjar dan Prabowo yang akan bertarung di Pilpres nanti, siapa yang akan menang? Menurut SMRC, Ganjar menang telak atas Prabowo dalam survei yang melibatkan kelompok pemilih yang mengenal keduanya.

Direktur Riset SMRC, Deni Irvan menjelaskan, responden ditanya siapa yang akan dipilih sebagai presiden saat ini jika hanya dua nama, yakni Ganjar dan Prabowo. Hasilnya, pada kelompok pemilih yang tahu kedua tokoh itu, Ganjar unggul.

"Ganjar mendapatkan dukungan 46,4 persen suara, sementara Prabowo 38,8 persen. Masih ada 14,8 persen yang belum menentukan pilihan," ulas Deni dalam rilis SMRC yang disiarkan secara virtual, kemarin.

Baca juga : Survei SMRC: Simulasi Head To Head, Ganjar Ungguli Prabowo

Dalam simulasi head to head atau dua nama yang melibatkan responden secara umum, Ganjar kembali unggul dari Prabowo. Gubernur Jateng dua periode ini, mendapatkan dukungan 42,2 persen dan Prabowo 41,9 persen. Dalam simulasi ini, Deni menyampaikan masih ada 15,9 persen yang belum menentukan pilihan.

Lebih lanjut, Deni berkata bahwa dalam simulasi head to head ini, Prabowo terlihat cenderung unggul atas Ganjar pada Maret sampai April 2023. Namun, memasuki Mei, pasca deklarasi Ganjar oleh PDIP, Ganjar mulai mengimbangi Prabowo.

Bahkan, dalam simulasi di antara yang mengenal keduanya, Ganjar telah menyalip Prabowo. "Dukungan pada calon presiden ini diperkirakan masih akan dinamis, karena sejauh ini masih ada perbedaan tingkat pengenalan publik terhadap calon. Saat ini Prabowo sudah dikenal oleh 94 persen atau hampir semua pemilih, sementara Ganjar baru dikenal 85 persen," katanya.

Pemilihan sampel dalam survei ini dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak. 

Baca juga : Survei SRMC Head to Head : Elektabilitas Ganjar 46,4 Persen, Prabowo 38,8 Persen

Dengan teknik RDD, sampel sebanyak 925 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Margin of error survei plus minus 3,3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.

Politisi senior PDIP Hendrawan Supratikno menganggap hasil survei ini masih dinamis, dan segala kemungkinan masih akan terjadi. "Jadi jangan sampai sikap politik yang permanen didasarkan atas hasil-hasil yang terus berubah," pesan Hendrawan.

Meski begitu, PDIP telah mengusung target hattrick pada Pilpres 2024. Anggota Komisi XI DPR RI itu menegaskan, hal ini sudah menjadi tekad seluruh kader banteng di berbagai tingkat dan lapisan di seluruh Indonesia.

Ganjar Safari Politik di Surabaya
Ganjar terus melanjutkan safari politiknya. Kemarin, ia terbang ke Surabaya, Jawa Timur untuk bersilaturahmi dengan Wali Kota Surabaya yang juga kader PDIP Eri Cahyadi.

Baca juga : Muhadjir Bakal Kunjungi Prabowo Di Hambalang, Bahas Politik?

Di Kota Pahlawan itu, Ganjar mendapat sambutan meriah dari pendukungnya di Balai Pemuda. Ganjar dan Eri tampak menyapa warga dari atas panggung. Ia bercerita pernah didampingi Wakil Ketua DPD PDIP Jatim Whisnu Sakti Buana.

"Saya sudah ngobrol banyak, dikasih wejangan untuk bisa bersilaturahmi kepada warga Jatim, khususnya di Surabaya. Ini adalah kedatangan saya yang pertama, di Jatim, di Surabaya," pungkasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.