Dark/Light Mode

Survei SPIN: Prabowo Tempati Puncak Bursa Pilpres 2024

Senin, 8 Mei 2023 22:27 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) merilis hasil survei terbaru bursa Pilpres 2024. Temuan survei yang digelar medio April-Mei 2023 itu membuktikan, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto masih berada di posisi puncak dengan elektabilitas sebesar 33,2 persen.

"Trend dukungan ke Prabowo tetap bertambah," ujar Direktur SPIN, Igor Dirgantara, saat merilis hasil survei secara daring, Senin (8/5).

Di posisi kedua, lanjut Igor, ditempati oleh Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo di angka 17,0 persen, dikejar eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di angka 16,6 persen. Sementara Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di posisi empat dan ke lima.

Dirincikannya, ada beberapa indikator mengapa elektabilitas terhadap Prabowo terus naik. Pertama, kinerja baik sebagai Menhan dan minim melakukan pencitraan. Kinerja Prabowo di Kabinet Indonesia Maju mendapat apresiasi yang baik dari masyarakat.

"Data Global Firepower Index menyebutkan bahwa kekuatan militer Indonesia di masa Menhan Prabowo berada di peringkat ke-15 dari 140 negara di dunia pada 2022 dan nomer satu terkuat di ASEAN," sebutnya.

Baca juga : Survei SPIN : Prabowo Melesat, Ganjar Terganjal, Anies Stagnan

Nah, kinerja baik tersebut memberikan kontribusi yang signifikan dalam mempertahankan sentimen positif terhadap pencapaian pemerintahan Jokowi sekarang ini. Rapimnas Kemenhan yang dihadiri Jokowi semakin memperkuat persepsi publik terkait kuatnya endorsment Jokowi terhadap Prabowo.

Hal ini, memunculkan optimisme bahwa Prabowo adalah figur yang paling tepat untuk meneruskan dan mengakselerasi program pembangunan pemerintah Jokowi.

Kedua, endorsement Jokowi baik secara terbuka dan konkrit dan melalui Musyawarah Relawan (Musra). Dukungan Prabowo sebagai capres 2024 yang paling diminati publik juga muncul dalam berbagai Musra yang diprakarsai oleh gabungan relawan Jokowi.

Misalnya, di Musra XXII di Palu, Sulawesi Tengah Prabowo meraih nominasi tertinggi sebanyak 27,71 persen, sementara Ganjar 23,59 persen. Pun, Prabowo menang di enam provinisi gelaran Musra. Yakni NTB, Kalimantan Timur, Tanah Maluku, Provinsi Aceh, Jambi, dan Bengkulu. Ketiga, Prabowo dianggap sosok yang dekat dengan rakyat.

Dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), dan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). 

Baca juga : Prawiro Indonesia: Prabowo Petugas Rakyat, Bukan Petugas Partai

Dalam simulasi head to head tiga calon, Prabowo di survei ini tampil konsisten sebagai pemenang. Ada tiga alasan Prabowo keluar sebagai pemenang. Pertama, Jika terjadi kompetisi Prabowo vs Ganjar, maka pemilih Jokowi akan terbelah antara Ganjar dan Prabowo, sementara pemilih Anies mayoritas akan bermigrasi ke Prabowo ketimbang ke Ganjar. Oleh karena itu, Prabowo lebih unggul.

Sebaliknya, jika head to head itu terjadi antara Prabowo vs Anies, maka mantan Danjen Kopassus ini juga akan keluar sebagai pemenang, karena masih loyalnya pemilih Prabowo di 2019 di tambah pemilih Jokowi dan Ganjar cenderung bermigrasi kepada Menhan RI daripada ke Anies Baswedan.

Kedua, publik mengapresiasi langkah Prabowo pasca Pilpres 2019 bergabung ke dalam pemerintahan Jokowi. Langkah ini dinilai strategis guna menghindari perpecahan akibat polarisasi politik.

"Secara rasional, prediksi masih tingginya polarisasi politik bisa menempatkan Prabowo sebagai "jalan tengah" terbaik bagi bangsa Indonesia. Metafora sebutan "cebong" cenderung ke Ganjar, sedangkan panggilan untuk "kadrun" tendensinya lebih kepada pemilih Anies," sebutnya.

Ketiga, leadership Prabowo juga dinilai lebih otentik atau apa adanya tanpa banyak pencitraan. Di usia yang matang dan berpengalaman, Menhan RI Prabowo dianggap bisa memberikan rasa aman dan dianggap paling layak untuk melanjutkan program dan kepemimpinan Jokowi.

Baca juga : Partai Garuda: Sesuai Sumpah Jabatan, Presiden Jokowi Memang Wajib Cawe-cawe Di Pilpres 2024

Untuk diketahui, survei SPIN dilakukan pada tanggal 27 April-4 Mei 2023 dengan total jumlah responden 1230. Kriteria responden ada penduduk berusia 17 tahun ke atas atau sudah pernah menikah.

Sebaran sampel tersebar di 34 provinsi, dengan teknik sampel Random Digit Dialing (RDD) menggunakan simple random sampling pada tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error sebesar ± 2,8 persen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara melalui telepon/smartphone. Kontrol kualitas 10 persen dari sampel. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.