Dark/Light Mode

Muhadjir Effendy Disebut Pantas Mendampingi Ganjar Pranowo Di Pilpres 2024

Rabu, 3 Mei 2023 12:08 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy (Foto: Ist)
Menko PMK Muhadjir Effendy (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pilpres tahun 2024 masih satu kali purnama lagi. Namun, sejumlah nama sudah dideklarasikan untuk maju sebagai calon presiden. Ada Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

Untuk sementara, nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi yang terkuat berdasarkan beberapa survei dan polling terbaru. Hanya saja, hingga saat ini belum jelas siapa sosok yang akan mendampinginya.

Sebetulnya, sudah ada beberapa nama yang sebetulnya disebut bakal mendampingi Ganjar Pranowo. Mulai dari Menteri BUMN Erick Thohir, Menparekraf Sandiaga Uno, Menko Polhukam Mahfud MD, hingga Menko PMK Muhadjir Effendy.

Baca juga : GP Center Tegaskan Acara Lari Santai Ganjar Pranowo Di GBK Bukan Settingan

Untuk nama terakhir, Ketua KNPI Bidang Informasi dan Komunikasi Mujamin Jassin melihatnya sebagai sosok yang bisa menjadi alternatif di tengah kegaduhan dan bayang-bayang politik identitas.

Menurutnya, Muhadjir Effendy atau ME, adalah sosok yang menaruh perhatian besar terhadap isu kerukunan umat beragama dan dunia pendidikan.

“Saya pernah melihatnya langsung bagaimana dia merintis dan membangun Universitas Muhammadiyah Malang menjadi Universitas Islam Terbaik Dunia versi UniRank. Padahal sebelum dia pimpin, kondisi UMM cukup memprihatinkan dan serba kekurangan,” kisah aktivis muda asal Bima yang karib disapa Bung Jemi ini, di Jakarta, Rabu (3/5).

Baca juga : Relawan GP One Akan Gelar Kongres Usung Ganjar Dan BG Di Pilpres 2024

Bung Jemi juga ingat betul, bagaimana sepak terjang Muhadjir saat menjabat sebagai Mendikbud. Menurut dia, Muhadjir mampu menyelesaikan masalah pendidikan tanpa kegaduhan yang berarti. Salah satunya dengan mengeluarkan sistem zonasi.

“Tak seperti Mendikbud saat ini, Muhadjir mampu menyelesaikan masalah tanpa masalah. Di eranya akses pendidikan lebih merata. Terlebih di dunia vokasi, Muhadjir mampu me-rebranding dunia vokasi yang sebelumnya distigma negatif,” bebernya. 

Itulah mengapa, kata Bung Jemi, Muhadjir Effendy menjadi sosok yang pantas mendampingi Ganjar Pranowo. Menurut dia, Muhadjir Efendy seumpama oase di tengah padang pasir. Bisa membuat suhu politik kita lebih adem dan kondusif.

Baca juga : PDIP Tak Anggap PSI

Muhadjir juga bukan sekadar pasangan yang menguntungkan, tapi juga kombinasi dan membawa spirit keberlanjutan pembangunan nasional.

“Yang terpenting dari suksesi kepemimpinan negara kita Indonesia adalah hilangnya polarisasi dan situasi yang kondusif untuk melanjutkan apa yang sudah dibangun pemerintahan sebelumnya,” pungkas Bung Jemi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.