Dark/Light Mode

JAMAN: Ganjar-Erick Paket Komplit, Paling Cocok Dengan Kode Jokowi

Senin, 15 Mei 2023 19:04 WIB
Ganjar Pranowo dan Erick Thohir (Foto: Istimewa)
Ganjar Pranowo dan Erick Thohir (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kode kriteria pemimpin yang dilontarkan Presiden Joko Widodo dalam acara Puncak Musra Relawan di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (13/5), menarik untuk dibahas lebih lanjut. 

Sekretaris Jenderal Jaringan Kemandirian Nasional (Jaman) Hadi Mustafa mengatakan, kode itu identik dengan pasangan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir.

Baca juga : Indikator Politik: Ganjar Tokoh Paling Mampu Melanjutkan Kerja Presiden Jokowi

"Pasangan calon ini (Ganjar-Erick) saling melengkapi. Ganjar-Erick adalah paslon dengan tipikal leadership merakyat. Mereka memiliki kemampuan mengubah tantangan menjadi peluang. Seperti bonus demografi, krisis global, middle income trap, dan kemandirian industri," kata Hadi Mustafa dalam keterangan tertulis, Senin (15/5)

Saat pidato puncak Musra Relawan, Jokowi memang tidak menyebutkan nama. Namun, Presiden ke-7 RI itu mengungkap kriteria pemimpin, yang dapat melanjutkan estafet kepemimpinannya: merakyat, berani, kerja tangkas anti rutinitas, ahli strategi dan memiliki leadership level global.

Baca juga : Tokoh Muda NU: Ganjar Sosok Capres Nasionalis, Dekat Dengan Kiai Dan Santri

Hadi meyakini kriteria tersebut merupakan satu paket capres dan cawapres. Bukan personal Capres saja. Karena dengan satu paket pasangan, kriteria tersebut menjadi lengkap.

"Pasangan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir lah yg paling komplit. Paling memenuhi kode yang disampaikan Presiden tersebut," kata Hadi.

Baca juga : Gus Yaqut: Ganjar-Erick Pasangan Ideal, Ada Chemistry, Saling Melengkapi

Hadi berkeyakinan, tidak menyebut nama secara langsung, adalah taktik Jokowi sebagai king maker yang tidak grusa-grusu.

"Jokowi juga meminta relawan untuk bersabar, sampai partai politik menyelesaikan paket paslon capres dan cawapres pilihannya," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.