Dark/Light Mode

LSI Denny JA Prediksi Prabowo Capres Pertama Lolos Putaran Kedua

Jumat, 19 Mei 2023 15:17 WIB
Peneliti senior LSI Denny JA Adjie Alfaraby saat membenarkan hasil survei terbarunya di Kantornya, Jakarta Timur, Jumat (19/5). (Foto: Istimewa)
Peneliti senior LSI Denny JA Adjie Alfaraby saat membenarkan hasil survei terbarunya di Kantornya, Jakarta Timur, Jumat (19/5). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA memprediksi, Prabowo Subianto adalah capres pertama yang memenuhi ambang batas minimal untuk lolos putaran kedua jika Pemilihan Presiden (Pilpres) diikuti tiga pasangan.

Jika Pilpres diikuti tiga pasangan calon, hampir dipastikan Pilpres 2024 akan berlangsung dua putaran. Maka, setiap pasangan capres harus mencapai minimal dukungan 33.3 persen untuk bisa lolos ke putaran kedua.

"Hasil survei kami di bulan Mei 2023, elektabilitas Prabowo sudah mencapai 33.9 persen. Diikuti oleh Ganjar Pranowo sebesar 31.9 persen dan Anies Baswedan sebesar 20.8 persen. Sementara yang belum memutuskan ataupun tidak menjawab tersisa sebesar 13.4 persen," kata Peneliti senior LSI Denny JA Adjie Alfaraby saat membenarkan hasil survei terbarunya di Kantornya, Jakarta Timur, Jumat (19/5).

LSI Denny JA melakukan survei tatap muka (๐˜ง๐˜ข๐˜ค๐˜ฆ ๐˜ต๐˜ฐ ๐˜ง๐˜ข๐˜ค๐˜ฆ ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ท๐˜ช๐˜ฆ๐˜ธ) dengan menggunakan kuesioner kepada 1200 responden di seluruh Indonesia. Dengan 1200 responden, margin of error survei ini sebesar 2.9 persen. Survei dilakukan pada tanggal 3-14 Mei 2023.

Baca juga : Bertambah, Politisi NasDem Dalam Pusaran Korupsi

Selain survei dengan metode kuantitatif, LSI Denny JA juga memperkaya informasi dan analisa dengan metode kualitatif, seperti analisis media, in-depth interview, dan focus group discussion.

LSI Denny JA mencatat, ada empat alasan mengapa Prabowo unggul. Pertama, mayoritas pemilih ingin capres 2024 sosok strong leader yang mampu tumbuhkan ekonomi.

Dari ketiga nama capres yakni Prabowo, Ganjar, dan Anies, Prabowo lebih kuat asosiasinya sebagai sosok strong leader yang mampu menumbuhkan ekonomi. Prabowo dipandang sebagai pemimpin yang tegas dan kuat, serta fasih dalam merangkul aneka pihak.

Kedua, Prabowo dapat limpahan menurunnya suara Ganjar. Suara Ganjar tak banyak lari ke Anies. Sebab, Prabowo dianggap lebih berkarakter nasionalis dibandingkan Anies yang lebih berkarakter pemimpin Islam. Inilah memgapa pendukung Ganjar lebih nyaman pergi ke Prabowo.

Baca juga : Pensiunan Waskita Karya Hilangkan Barang Bukti

Ketiga, pengalaman Prabowo di pemerintahan. Ini meningkatkan citra dan kapabilitas Prabowo sebagai capres yang mampu mengelola pemerintahan. Jika Pemilu 2014 dan 2019 Prabowo dianggap the outsider, kini Prabowo dianggap insider.

Keempat, Prabowo dinilai sebagai tokoh sentral yang banyak diterima seluruh spektrum politik. Dari spektrum politik nasionalis hingga politik Islam, posisi Prabowo ada di poros tengah. Ini menguntungkan Prabowo.

LSI Denny JA juga mencatat, untuk pertama kalinya dalam setahun terakhir, elektabilitas Ganjar menurun. Sejak Mei 2022, elektabilitas Ganjar cenderung naik dari serial survei LSI Denny JA. Mei 2022, elektabilitas Ganjar masih di bawah Prabowo di angka 27.9 persen. Lalu cenderung naik, hingga puncaknya pada Januari 2023 dengan elektabilitas sebesar 37.8 persen. Di bulan Mei 2023, setahun kemudian, elektabilitas Ganjar turun di angka sebesar 31.9 persen.

Dipaparkan Adjie, ada tiga alasan dukungan Ganjar menurun. Pertama, efek negatif batalnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Kedua, ada persepsi Ganjar bukan pemimpin yang kuat dengan statment petugas partai yang melemahkan persepsi personal Ganjar. Ketiga, buruknya kinerja Ganjar dalam mengentaskan kemiskinan di Jateng.

Baca juga : Sepakat Dengan Jokowi Soal Capres Cerdas dan Berani, Yusril: Hukum Kita Berantakan

Temuan lainnya, elektabilitas Anies juga cenderung stagnan. Tak banyak berubah dalam setahun terakhir. Sejak Mei 2022, elektabilitas Anies cenderung ajeg di angka 21-22 persen. Anies konsisten di bawah Prabowo maupun Ganjar.

"Namun demikian, kemampuan Anies untuk melompat di ujung kompetisi, jika mesinnya sudah panas, juga jangan diabaikan," saran Adjie. โ– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.