Dark/Light Mode

Rekomendasi Rakernas III

Visi Misi Capres-Cawapres PDIP Prioritaskan Pemberantasan Kemiskinan

Kamis, 8 Juni 2023 19:45 WIB
Ketua DPP PDIP Puan Maharani membacakan rekomendasi Rakernas III PDIP, di Sekolah Partai, Jakarta Selatan, Kamis (6/8). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)
Ketua DPP PDIP Puan Maharani membacakan rekomendasi Rakernas III PDIP, di Sekolah Partai, Jakarta Selatan, Kamis (6/8). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP di Sekolah Partai, Jakarta Selatan, selama 6-8 Juni 2023 membuahkan 17 poin rekomendasi eksternal. Satu poinnya, Rakernas III memprioritaskan pemberantasan kemiskinan dan stunting alias tengkes sampai peningkatan kualitas kesehatan dalam visi, misi, dan agenda strategis capres dan cawapres dari PDIP. 

“Rakernas III Partai menegaskan bahwa visi, misi, dan agenda strategis calon presiden dan wakil presiden yang diusung PDI Perjuangan menempatkan skala prioritas terpenting pada upaya memberantas kemiskinan dan tengkes, meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, keluar dari jebakan negara berpenghasilan menengah, mewujudkan keadilan dan kemakmuran secara progresif, mempercepat kemajuan melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, riset dan inovasi, serta menempatkan pembangunan sumber daya manusia sebagai pilar utama kemajuan bangsa," kata Ketua DPP PDIP Puan Maharani, membacakan poin rekomendasi eksternal Rakernas III PDIP, di Sekolah Partai, Jakarta Selatan, Kamis (6/8).

Baca juga : Rakernas III PDIP Tak Bahas Nama Cawapres, Ini Penjelasan Hasto

Puan mengatakan, pemberantasan kemiskinan hingga tengkes bisa dilakukan dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. "Peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia merupakan syarat utama bagi terwujudnya Indonesia yang berdaulat di bidang politik, berdiri di atas kaki sendiri di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam bidang kebudayaan," ucap Ketua DPR ini.

Rekomendasi eksternal Rakernas III juga berisi tentang apresiasi terhadap kinerja Jokowi, mendorong Pemilu 2024 yang jujur, komitmen pemenangan Ganjar Prabowo pada Pilpres 2024, menempatkan rakyat menjadi pemimpin tertinggi, mendukung BRIN mendayagunakan seluruh potensi plasma nutfah, mendorong kemajuan desa, dan percepatan pengangkatan honorer. Lalu, mendorong pemerintah memperkuat Lemhanas sebagai pusat penggemblengan calon pemimpin bangsa atas cara pandang geopolitik Proklamator RI Soekarno.

Baca juga : Mega Dan Jokowi Sering Diskusi Bahas Pengentasan Kemiskinan

Selain itu, rekomendasi eksternal Rakernas III juga berisi apresiasi PDIP terhadap UNESCO atas penetapan tiga arsip pidato Bung Karno sebagai Memory of The World. Yaitu, pidato di depan Konferensi Asia Afrika Bandung pada 1955, pidato di hadapan Sidang Umum PBB tahun 1960 berjudul “To Build The World a New” dan pidato pada KTT Non-Blok I di Beograd tahun 1961 sebagai Tiga Tinta Emas yang mewarnai pemikiran sosial, politik, dan ekonomi Internasional pada abad ke-20.

Setelah itu, rekomendasi eksternal Rakernas III partai mendukung upaya pemerintahan Presiden Jokowi di dalam mengambil inisiatif perdamaian dunia atas berbagai persoalan geopolitik seperti perang Rusia-Ukraina, ketegangan di Laut China Selatan, konflik di Timur Tengah, dan berbagai persoalan geopolitik lainnya. Berikutnya, mendukung sepenuhnya Inpres Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem sebagai implementasi UUD 1945 pasal 34 ayat 1 yang berbunyi, “Fakir miskin dan anak-anak telantar dipelihara oleh negara”.

Baca juga : Di Rakernas III PDIP, Jokowi Bicara Tantangan Global

"Dalam upaya ini, tiga pilar partai bergotong royong dan menggunakan seluruh kebijakan politik partai guna menghapus kemiskinan ekstrem sebagaimana ditargetkan oleh pemerintah pada 2024," ujar Puan.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.