Dark/Light Mode

Di Rakernas III PDIP, Jokowi Bicara Tantangan Global

Selasa, 6 Juni 2023 13:54 WIB
Presiden Jokowi saat pidato politik di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta, hari ini, Selasa (6/6). (Foto: Boy Sakti/RM)
Presiden Jokowi saat pidato politik di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta, hari ini, Selasa (6/6). (Foto: Boy Sakti/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) turut menyampaikan pidato politik saat acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDI Perjuangan di Sekolah Partai, Jakarta Selatan, Selasa (6/6).

Di gelaran Rakernas tertutup tersebut, Sang Presiden menyampaikan soal tantangan bangsa ke depan.

"Utamanya, dalam kesulitan-kesulitan global yang sudah sering saya sampaikan, baik yang berkaitan dengan krisis pangan, krisis energi, krisis keuangan dan adanya perang," ujar Jokowi saat konferensi pers seusai pelaksanaan hari pertama Rakernas III PDI Perjuangan.

Baca juga : Megawati Sampaikan Pidato Politik Tertutup

Untuk diketahui, konfrensi pers itu didampingi oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo, Ketua DPP Puan Maharani, dan bakal calon presiden (capres) 2024 Ganjar Pranowo.

Jokowi melanjutkan, tantangan ke depan bangsa ini harus diketahui bersama agar PDI Perjuangan bisa menyusun antisipasi terhadap krisis saat mengelola negara.

"Saya kira tantangan-tantangan seperti itu harus kita ketahui bersama, sehingga PDI Perjuangan bisa mendesain sebuah rencana besar nantinya ke depan diberikan kesempatan untuk mengelola negara ini. Sehingga bayangan-bayangan yang tadi saya sampaikan paling tidak bisa dipersiapkan perencanaannya lebih dahulu," terangnya.

Baca juga : Jadi Poros Maritim Dunia, Jokowi Siapkan SDM Unggul

Selain itu, dalam pidato saat Rakernas III PDI Perjuangan, Jokowi juga berbicara tentang strategi membawa Indonesia menjadi negara besar selama 13 tahun ke depan.

"Ini tentu saja akan lebih baik kalau perancanaan besarnya disiapkan mulai dari sekarang. Lebih dalam di Rakernas PDI Perjuangan ini," katanya.

Adapun PDI Perjuangan mengambil tema Fakir Miskin dan Anak Telantar Dipelihara oleh Nagara dalam Rakernas III ini. Selain Jokowi, Megawati juga berpidato dalam Rakernas III PDI Perjuangan yang bersifat internal dan tidak terbuka untuk publik. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.