Dark/Light Mode

Cawapres Ganjar Diumumkan September, Hasto Sebut 2 Hal Yang Jadi Pertimbangan

Selasa, 4 Juli 2023 20:10 WIB
Ketua Umum Megawati Soekarnoputri saat memakaikan peci kepada Ganjar Pranowo saat diumumkan sebagai Bacapres, di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4) lalu. Foto: Tangkapan layar YouTube BKN PDI Perjuangan)
Ketua Umum Megawati Soekarnoputri saat memakaikan peci kepada Ganjar Pranowo saat diumumkan sebagai Bacapres, di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4) lalu. Foto: Tangkapan layar YouTube BKN PDI Perjuangan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertanyaan soal kapan calon wakil presiden (Cawapres) Ganjar Pranowo mulai terjawab. Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristianto bilang, bulan September 2023.

Hasto bilang, PDI Perjuangan punya alasan tersendiri kenapa pengumuman pendamping Ganjar baru dilakukan pada bulan September.

"Jadi Juli-Agustus 2023 bulan-bulan penggodokan, pematangan," kata Hasto dalam rekaman video yang diterima awak media, Selasa (4/7).

Baca juga : Kowarteg Ganjar Gelar Pelatihan Membuat Kacang Teri di Jakarta Barat

Siapa yang berwenang mengumumkan Cawapres Ganjar?

Ia menegaskan, sosok yang berwenang mengumumkan Cawapres adalah Ketua Umum PDI Perjuangan, yakno Megawati Soekarnoputri.

Sebelum itu, Hasto memastikan bahwa PDIP tetap akan melakukan koordinasi dengan seluruh ketua umum partai politik yang juga mengusung Ganjar. Selain itu, partai ini juga akan berkoordinasi dengan Presiden Jokowi.

Baca juga : Mak Ganjar Latih Masyarakat Manfaatkan Limbah Botol Kaca Jadi Vas Bunga 

Sebagaimana diketahui, PPP, Hanura, dan Perindo adalah beberapa partai yang telah menjalin kerja sama politik dengan PDI Perjuangan untuk mengusung Ganjar.

"Kita tunggu momentum yang tepat," kata Hasto.

Lalu apa saja yang akan menjadi pertimbangan PDIP dalam menentukan Cawapres?

Baca juga : Relawan Asandra Bagikan Sembako Di Jatim

Hasto menyebutkan 2 aspek penting yang akan dipertimbangkan oleh PDIP saat memilih cawapres untuk Ganjar. Pertama aspek dwitunggal kepemimpinan Ganjar dan kedua kepentingan elektoral.

"Sehingga kesatupaduan dwitunggal kepemimpinan Pak Ganjar dengan wakilnya nanti yang akan mendampingi dipastikan mendapatkan dukungan terbesar dari rakyat Indonesia," jelas Hasto.

Jika merujuk pada jadwal KPU, maka pengumuman Cawapres Ganjar di bulan September, sudah dekat dengan tanggal pendaftaran bacapres dan bacawapres, yakni mulai tanggal 19 Oktober hingga 25 November 2023.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.