Dark/Light Mode

Masuk DPT Pemilu 2024

“Tuhan” Bakal Ikut Nyoblos

Sabtu, 8 Juli 2023 06:45 WIB
Ilustrasi Pemilihan Umum serentak tahun 2024. (ANTARA/Ilustrator Abdullah Rifai)
Ilustrasi Pemilihan Umum serentak tahun 2024. (ANTARA/Ilustrator Abdullah Rifai)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tuhan akan mencoblos pada Pemilu 2024 ini. Jangan salah, Tuhan ini nama orang lho, ya. Dia akan menunaikan hajat demokrasinya di Jember, Jawa Timur.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember, Jawa Timur (Jatim) mencatat, pada Pemilu 2024, Tuhan berkurang satu, men­jadi tersisa lima saja. Padahal, pada pemilu 2019 ada enam Tuhan yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Tuhan yang dimaksud bukan menun­juk pada Sang Pencipta Yang Maha Esa. Tuhan ini merupakan nama orang yang terdaftar dalam DPT Pemilu 2024 di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Baca juga : Pemilu 2024, Hanura Target Raup 10 Juta Suara

“Jumlah pemilih bernama Tuhan berkurang satu dibandingkan pada pemilu 2019, yang tercatat enam orang. Karena satu orang di antaranya sudah meninggal dunia,” kata Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Jember, Ahmad Hanafi dalam keterangannya, kemarin.

Hanafi menjelaskan, lima pemilih bernama Tuhan berada di Desa Tutul -Kecamatan Balung, Desa Pringgowirawan dan Desa Karangbayat di Kecamatan Sumberbaru, Kelurahan Slawu di Kecamatan Patrang, dan Desa Kemuninglor di Kecamatan Arjasa.

Hanafi melanjutkan, nama Tuhan di Desa Tutul masuk sebagai pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 22, kemudian Tuhan di Desa Pringgowirawan di TPS 19, Tuhan di Desa Karangbayat di TPS 12, Tuhan di Kelurahan Slawu masuk TPS 12, dan pemilih Tuhan di Desa Kemuninglor terdaftar di TPS 13.

Baca juga : Rumit Dan Berat

“Kelima warga bernama Tuhan yang masuk dalam DPT Pemilu di Jember bukanlah rekayasa. Mereka benar-benar nama orang dan dinyatakan sebagai pemilik suara,” tegasnya.

Menurut Hanafi, manusia bernama Tuhan tersebut bukan kali pertama masuk dalam DPT Pemilu 2024. Tapi, sudah terdaftar dalam DPT pada pemilu sebe­lumnya. Dia berharap, kelima Tuhan itu menyalurkan hak pilih di masing-masing TPS yang sudah ditentukan.

“Sehingga, angka partisipasi pemi­lih pada Pemilu 2024 di Jember dapat meningkat,” harapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.