Dark/Light Mode

Sowan Ke Ketum Muhammadiyah, Prabowo Lincah Banget

Sabtu, 15 Juli 2023 08:41 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) bertemu Ketua Umum Muhammadiyah Prof Haedar Nashir, di Kampus Utama Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Jumat (14/7). (Foto: Instagram Haedar)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) bertemu Ketua Umum Muhammadiyah Prof Haedar Nashir, di Kampus Utama Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Jumat (14/7). (Foto: Instagram Haedar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gerakan politik Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto lincah banget. Dia bergerak ke sana-ke mari untuk bertemu dengan sejumlah tokoh. Misalnya, kemarin, Menteri Pertahanan ini terbang ke Yogyakarta bertemu Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Haedar Nashir. Sebelumnya, Prabowo menemui banyak tokoh sampai bolak-balik menghadap Presiden Jokowi.

Prabowo bertemu Haedar di Kampus Utama Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Bantul, Yogyakarta. Prabowo tiba pukul 13.45 WIB. Dia ditemani pejabat Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan Sekjen Gerindra Ahmad Muzani. Kedatangan Prabowo disambut hangat Sekretaris Umum Muhammadiyah Prof Abdul Mu'ti dan Rektor UAD Prof Muchlas.

Mereka kemudian menuju lantai 10. Di sini, Haedar sudah menunggu. Kemudian Prabowo dan Haedar bersalaman sembari melempar senyum. Selanjutnya mereka melakukan pertemuan tertutup di ruangan yang berlatar belakang tulisan Muhammadiyah.

Di dalam ruangan, pembicaraan tampak akrab dan hangat, sampai memakan waktu hingga 3 jam. Prabowo baru keluar ruangan pukul 16.30 WIB. Wajahnya berseri-seri.

Baca juga : Prabowo Bincang Empat Mata Dengan Amran

Prabowo mengaku tak membicarakan politik praktis selama 3 jam berbincang dengan Haedar dan Mu'ti. "Politik praktis tidak, ya," tegas Prabowo, kepada wartawan yang mencegatnya di depan pintu.

Kata dia, pertemuan ini murni membahas wacana kerja sama pengembangan teknologi rudal hasil penelitian UAD. "Skema kerja samanya saat ini tengah dibahas," sebutnya.

Capres Gerindra itu melanjutkan, kerja sama ini nantinya bukan cuma soal rudal, tapi beragam hal yang berkaitan dengan teknologi pengairan, pengolahan pangan, hingga strategi pertanian demi mengurangi ketergantungan terhadap pupuk impor. "Bagaimana membantu yang sudah dibangun pemerintah Pak Joko Widodo sekarang ini," ucap mantan Komandan Jenderal Kopassus itu.

Selain melakukan pertemuan dengan elite Muhammadiyah, Prabowo juga meninjau laboratorium rudal di UAD. Ia mengapresiasi karya civitas kampus tersebut yang sangat canggih.

Baca juga : Bandara Kertajati Mulai Hidup, Presiden Happy Banget

"Di Universitas Ahmad Dahlan ini terdapat Fakultas Teknik dengan beberapa Prodi (Program Studi), ada Fisika juga MIPA. Ini sangat penting bagi industri pertahanan," ucapnya.

Haedar menyatakan hal serupa. Menurutnya, pertemuan dengan Prabowo lebih banyak mendiskusikan soal rencana kerja sama di bidang pengembangan teknologi. Salah satunya adalah pengembangan rudal anti-pesawat karya UAD.

"Proses uji cobanya sudah di Lumajang dan kami kerja sama dengan DAHANA, Pindad dan Kemehan. Hari ini beliau berkunjung untuk agenda itu," terang Haedar.

Menurut Haedar, Muhammadiyah memiliki komitmen kebangsaan untuk terus memberikan andil menjaga kedaulatan. Sebab, Muhammadiyah merupakan salah satu entitas yang berdiri sebelum Indonesia terbentuk.

Baca juga : Prabowo-Jokowi Makin Mesra

"Kita diskusi, Indonesia ini kaya raya. Penduduk kita juga progresif, yang hidup dalam keragaman. Jadi, yang diperlukan ke depan adalah bagaimana implementasi konstitusi itu dalam kebijakan-kebijakan strategis yang membawa Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur," paparnya.

Selain bertemu Muhammadiyah, Prabowo juga banyak mengunjungi berbagai pihak. Dalam dua bulan terakhir, dia terus mobile. Mulai dari keluar-masuk pesantren untuk bertemu sejumlah ulama, menghadap tokoh senior TNI, bertemu dengan pimpinan parpol, sampai berkali-kali menghadap Presiden Jokowi.

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin memandang, Prabowo begitu lincah. Hal itu wajar dilakukan jika Prabowo ingin menang di Pilpres 2024.

"Saya melihatnya sebuah keniscayaan dan keharusan Prabowo ke mana-ke mari jika ingin menang. Suka tidak suka, dia harus gesit, progesif, dan lincah," ucap Ujang, kemarin.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.