Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Andika Perkasa Buat Ganjar Pranowo

Pantas Jadi Timses, Cawapres Pun Layak

Jumat, 21 Juli 2023 07:45 WIB
Eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa saat memberikan pelatihan pada juru kampanye dan tim pemenangan Ganjar Pranowo di Gedung iNews Tower, Jakarta Pusat, Selasa (18/7/2023). (Foto: Ist)
Eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa saat memberikan pelatihan pada juru kampanye dan tim pemenangan Ganjar Pranowo di Gedung iNews Tower, Jakarta Pusat, Selasa (18/7/2023). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nama eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa disebut-sebut pantas jadi Ketua Tim Sukses (Timses) Pemenangan Capres Ganjar Pranowo. Bahkan, untuk posisi Calon Wakil Presiden (Cawapres) pun layak.

PDI Perjuangan (PDIP) menyebut, peluang Andika menjadi pasangan duet Ganjar terbuka lebar. Sejumlah pengamat politik pun mengamininya. Menantu mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono ini dinilai punya kapabilitas. Juga bisa jadi penyeimbang rival Ganjar.

Pengamat Komunikasi Politik Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing misalnya menyebut, dibanding nama-nama yang diperbincangkan di ruang publik, Andika paling tepat mendampingi Ganjar.

Baca juga : Relawan Buruh Sahabat Ganjar Deklarasi Perdana Di Jawa Barat

Alasannya, dia punya seabrek pengalaman. Pernah di percaya memegang tanggung jawab luar biasa di berbagai jabatan strategis. Mulai Komandan Paspampres Jokowi, Pangkostrad, KASAD, hingga Panglima TNI.

"Dari tanggungjawab dan jabatan tersebut, Andika memiliki kompetensi sangat mumpuni. Sehat jasmani dan rohani, kapasitas dan kapabilitasnya lengkap," kata Emrus kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Andika, lanjutnya, juga sosok komandan yang dekat dengan prajurit. Meski terpelajar dengan gelar akademik doktor dan tiga master dari perguruan tinggi bergensi dunia, dia tetap rendah hati dan bersahaja.

Baca juga : Hadiri Peletakan Batu Pertama Sentra Sarana Prasarana, Ini Pesan Wapres

Selain bisa melengkapi kepemimpinan Ganjar dalam bidang pertahanan dan keamanan nasional maupun geopolitik internasional, Andika juga bisa jadi penyeimbang calon lain yang berlatar militer. "Cocok melengkapi strategi pemenangan Ganjar. Saya sarankan, segeralah partai pengusung dan pendukung Ganjar melamar Andika," sarannya.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komaruddin juga sependapat. Andika tepat mendampingi

Ganjar. Namun, peluangnya masih tergantung keputusan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.