Dark/Light Mode

Survei Indikator: Prabowo Menang Jika Head to Head Lawan Ganjar

Senin, 24 Juli 2023 15:50 WIB
Prabowo Subianto. (Foto: Antara)
Prabowo Subianto. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) menunjukkan elektabilitas Prabowo Subianto unggul dalam simulasi dua nama (head to head) melawan Ganjar Pranowo.

Data survei Indikator periode 20-24 Juni 2023 menunjukkan elektabilitas Prabowo mencapai angka 49,5%, sedangkan Ganjar Pranowo 40,9%.

Menurut data Indikator, tren keunggulan Prabowo atas Ganjar dalam simulasi dua nama ini sudah terjadi sejak April 2023. Ketika itu elektabilitas Prabowo masih 46,8%, sedangkan Ganjar 40%.

Baca juga : Survei Indikator: Pemilih Jokowi di 2019 Dukung Prabowo di 2024

Dalam simulasi dua nama melawan Anies Baswedan, Prabowo Subianto juga unggul. Elektabilitas ketua umum Gerindra itu mencapai 56,2% atau jauh meninggalkan Anies Baswedan yang trennya terus menurun di angka 29,6%.

Adapun dalam simulasi dua nama antara Ganjar Pranowo melawan Anies Baswedan, gubernur Jawa Tengah itu unggul dengan 52,5%, sedangkan Anies cuma 35,7 % Dalam simulasi tiga nama, Prabowo Subianto unggul tipis dari Ganjar Pranowo.

Prabowo Subianto meraih elektabilitas 36,8 persen, Ganjar Pranowo (35,7 persen), sedangkan Anies Baswedan (21,5 persen). Responden tidak menjawab ada 6,1 persen. "Jadi, sampai tiga nama, perbedaan Ganjar dan

Baca juga : Survei Indikator: Prabowo Kalahkan Ganjar dan Anies di Gen Z hingga Milenial

Prabowo Subianto masih neck to neck. Meskipun Prabowo unggul, keunggulannya tipis. Dan Anies di peringkat ketiga 21,5 persen selisih kurang lebih 14 persen dibanding Ganjar," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam paparannya secara virtual, Minggu (23/7).

Survei ini digelar pada 20-24 Juni 2023 terhadap 1.220 responden. Responden diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Pemilihan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling. Adapun margin of error survei +/- 2,9% dengan tingkat kepercayaan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.