Dark/Light Mode

Soal Pemilu, DKPP Kutip Bung Hatta

Indonesia Terang Karena Lilin Menyala Di Desa-desa

Selasa, 1 Agustus 2023 06:45 WIB
Ang­gota Dewan Kehormatan Pe­nyelenggara Pemilu (DKPP) I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi. (Foto: Antara)
Ang­gota Dewan Kehormatan Pe­nyelenggara Pemilu (DKPP) I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kesuksesan pemilu tidak ditentukan dari tingkat pusat. Melainkan dimulai dari wilayah pedesaan.

Demikian diungkapkan Ang­gota Dewan Kehormatan Pe­nyelenggara Pemilu (DKPP) I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, kemarin. Menurutnya, semua pemangku kepentingan di desa memiliki peranan yang tidak kecil dalam mensukseskan pesta demokrasi di Indonesia.

“Mengutip pernyataan Bung Hatta, Indonesia terang itu bu­kan karena sinar di Jakarta, tapi karena lilin yang menyala di desa-desa. Saya pun meyakini hal itu dalam kepemiluan kita,” katanya, kemarin.

Baca juga : QNET Tanam Bakau di Indonesia dan Bersihkan Sungai Nil di Mesir

Raka berpendapat, pemikiran Bung Hatta dan pendiri bangsa lainnya terkait peran desa juga sangat relevan dalam kepemi­luan di Tanah Air.

Dia pun berpesan agar ja­jaran penyelenggara pemilu di Desa Kutosari tidak hanya berkolaborasi dengan lembaga atau institusi yang ada dalam desa tersebut saja.

“Tapi juga mendorong partisi­pasi masyarakat untuk mensuk­seskan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024,” ujarnya.

Baca juga : Jalin Kesepakatan, Indonesia-Jepang Komit Perluas Kemitraan UMKM Dalam Rantai Pasok Global

Raka menyebutkan salah satu contohnya. Yaitu, adanya pe­ngawasan dan pencegahan yang dilakukan masyarakat terhadap potensi pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP). DKPP percaya keberhasilan pemilu ini bukan karena peran penyelenggara pemilu saja.Tapi juga peran aktif Masyarakat.

Senada diungkap Anggota Bawaslu Kalimantan Timur (Kaltim) Divisi Hukum Seng­keta Danny Bunga. Menurutnya, peran desa sangat vital untuk menentukan kesuksesan pemilu.

“Karena itu, kami mewanti-wanti kepada seluruh kepala desa di Kaltim tetap netral dalam menjalankan tugasnya, terutama menjelang pemilu,” katanya.

Baca juga : Penuhi Kebutuhan Ibu Indonesia, Teman Bumil Gelar Mums Festival

Danny mengakui, tahapan kampanye pemilu belum dimu­lai dan peserta pemilu belum ditetapkan. Karena itu, permin­taan agar kepala desa netral merupakan langkah pencegahan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.