Dark/Light Mode

Kembali Ditanya Soal Cawapres

Gibran: Saya Ini Kan Cuma Anak Ingusan

Minggu, 6 Agustus 2023 08:00 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka (kanan) berbincang dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (dua kiri) dan Menteri BUMN Erick Thohir di Bandara Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Senin (24/7/2023). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka (kanan) berbincang dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (dua kiri) dan Menteri BUMN Erick Thohir di Bandara Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Senin (24/7/2023). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka tidak mau terpancing dengan banyaknya pihak yang mendorong untuk maju sebagai Cawapres. Meskipun dianggap cocok untuk menjadi pendamping Ganjar Pranowo maupun Prabowo Subianto, Gibran tetap mengelak saat kembali ditanya soal Cawapres. Gibran bilang: “Saya kan cuma anak ingusan”.

Jelang putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan batas usia Cawapres, dorongan agar Gibran maju sebagai calon RI 2 terus menguat. Sebab, bila gugatan itu dikabulkan MK, maka Gibran yang berusia 35 tahun, memiliki kesempatan untuk berlaga di Pilpres 2024.

Dalam Undang-Undang Pemilu No. 7 Tahun 2017, Pasal 169 huruf q, syarat menjadi Capres-Cawapres harus berusia minimal 40 tahun. Pasal inilah yang kemudian digugat ke MK. Karena bila pasal ini tetap berlaku, maka Gibran belum cukup umur untuk diusung sebagai Capres atau Cawapres.

Baca juga : Soal Godaan Cawapres, PDIP Khawatir Gibran Kemakan Gombalan

Padahal belakangan ini, elektabilitas Gibran mulai naik dalam survei bursa Cawapres. Tak hanya itu, Gibran yang merupakan putra sulung Presiden Jokowi, juga dikenal dekat dengan Ganjar maupun Prabowo. Sudah sering, Gibran terlihat kompak dengan Ganjar maupun Prabowo.

Namun, mantan bos Markobar itu, membantah bila kedekatannya dengan Ganjar maupun Prabowo sebagai manuver politik.

“Saya dekat dengan semua,” jawab Gibran, di Solia Hotel Solo, Jawa Tengah, kemarin.

Baca juga : Risma Mewek

Gibran meminta seluruh pihak agar tidak suudzon kepada dirinya. Termasuk soal dorongan banyak orang agar dirinya menjadi pendamping Ganjar atau Prabowo di Pilpres 2024. “Saya kan cuma anak ingusan,” candanya.

Anak ingusan ini merupakan julukan yang sempat dilontarkan politisi senior PDIP Panda Nababan kepada Gibran. Saat itu, Panda menyebut Gibran belum layak diusung sebagai Cawapres. Kata Panda, Gibran masih anak ingusan alias anak kemarin sore dalam dunia politik.

Di kesempatan lain, Gibran juga menganggap menjadi Cawapres dari PDIP merupakan hal mustahil. Selain belum cukup umur, Gibran menganggap jam terbangnya masih rendah untuk menjadi orang nomor dua di Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.