Dark/Light Mode

Cerita Soal Kelaparan Papua

Risma Mewek

Jumat, 4 Agustus 2023 08:00 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini. (Foto: Antara)
Menteri Sosial Tri Rismaharini. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Sosial Tri Rismaharini yang sudah lama jarang mewek di depan publik, kembali nangis lagi. Peristiwa itu terjadi saat Risma menceritakan soal kasus kelaparan yang terjadi di Papua.

Kemarin, Kementerian Sosial yang dipimpin Risma menggelar konferensi pers untuk menjelaskan update bantuan bagi korban bencana kekeringan dan cuaca dingin ekstrem di Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah. Ada dua narasumber yang memberikan keterangan dalam konferensi pers tersebut. Yakni, Risma dan Pelaksana Tugas Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Kemensos Adrianus Alla.

Baca juga : Kelaparan Di Papua Dan Potensi 9 Masalah Kesehatan Akibat El Nino

Adrianus mendapat kesempatan pertama menceritakan soal pengalamannya saat turun langsung menyalurkan bantuan dari Kemensos ke warga di Bumi Cendrawasih itu. Dia menyampaikan, ada beberapa kendala yang ditemui tim Kemensos. Salah satunya adalah lokasi pemukiman warga yang ada di daerah perbukitan. Ditambah lagi cuaca yang tidak menentu dan membuat pesawat tidak bisa terjun langsung ke lokasi.

Dengan pertimbangan keselamatan, akhirnya bantuan hanya bisa dikirim ke Lapangan Terbang Sinak. Hal itu membuat masyarakat dari Distrik Agandugume, harus datang sendiri ke lokasi untuk mengambilnya. Walaupun mereka harus berjalan kaki selama dua hari satu malam ke Sinak, sebab rutenya tidak bisa dilewati kendaraan.

Baca juga : Kelaparan Di Papua Diurus Wapres

Setelah Adrianus, Risma lantas menambahkan pernyataan dan menyambung jawaban berdasarkan pengalamannya saat ikut memberikan bantuan di Papua Tengah. Ia menceritakan betapa baik dan sopannya masyarakat Papua yang ditemui. Anak-anak tersebut tidak akan meminta jika tidak diberi, maupun merebut makanan anak lain, meski mereka kelaparan.

“(Aku tanya), ‘Eh kamu sudah dapat belum?’. (Dia jawab) ‘Belum mama’. Kalau nggak dikasih dia nggak minta. Jadi orang Papua itu baik-baik,” ungkap Risma.

Baca juga : Pena Mas Ganjar Adakan Gerakan Penanaman Mangrove Di Demak

Tiba-tiba, suara Risma terhenti. Risma nampak langsung menunduk dan meneteskan air mata. Wajah dan hidungnya pun terlihat memerah. Risma yang mengenakan kerudung hitam dan kemeja putih itu, menangis untuk beberapa saat. Ruangan pun seketika hening, hingga akhirnya Risma mengambil beberapa lembar tisu untuk menyeka air matanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.