Dark/Light Mode

Ke Mana Arah Dukungan Golkar

Dave Minta Publik Sabar Menunggu Sikap Airlangga

Sabtu, 12 Agustus 2023 07:35 WIB
Ketua DPP Partai Golkar, Dave Laksono. (Foto: Antara)
Ketua DPP Partai Golkar, Dave Laksono. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Gerindra begitu yakin, Golkar bakal mendukung Capres Prabowo Subianto di pesta demokrasi mendatang. Padahal, Beringin belum memutuskan ke mana arah dukung diberikan.

Ketua DPP Partai Golkar, Dave Laksono menyarankan publik menunggu pengumu­man dari Ketua Umumnya, Airlangga Hartarto. “Nanti Pak AH (Airlangga Hartarto) yang umumkan,” ujar Dave, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Anggota Komisi I DPR ini mengatakan, sejauh ini Golkar dalam kondisi solid menatap Pemilu 2024, denganmenempatkan caleg-caleg terbaik di seluruh daerah pemilihan di Indonesia. Namun, soal Pilpres 2024 sesuai keputusan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) 2021 dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Juni 2023 memutuskan Airlangga sebagai penentu arah kebijakan partai.

Baca juga : Harga Di Atas HET, Pupuk Indonesia Minta Petani Lapor Ke Layanan Pelanggan

Sebelumnya, kabar Partai Golkar bakal mendukung Capres Prabowo disampaikan langsung Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo. Adik Prabowo Subianto itu menceri­takan sejumlah petinggi Golkar telah menyambangi Prabowo, pekan lalu.

Mereka adalah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Sekretaris Jenderal Lodewijk Freidic, serta Bendahara Umum Dito Ganinduto. Usai bersua dengan Prabowo, Hashim me­nyebut ketiganya nampak terse­nyum. Pun dengan Prabowo dan Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani.

“Ternyata, mereka (Golkar) menyatakan mau mendukung Pak Prabowo. Dan seizin dan restu dari Pak Jokowi. Itu saya bisa katakan,” kata Hashim dalam acara Pembekalan Materi dan Konsolidasi Relawan Prabowo, Kamis, (10/8).

Baca juga : Ormas dan Sayap Golkar Solid Dukung Airlangga Hartarto

Sebelumnya, Ketua DPD Golkar Kalimantan Barat, Maman Abdurrahman mengklaim, se­jumlah pimpinan Partai Golkar di DPD Tingat 1 mendukung Prabowo Subianto sebagai Capres di 2024. Alasannya, karena elektabilitas Prabowo dianggap unggul.

“Elektabilitas Pak Prabowo menurut kawan-kawan DPD 1 Golkar cukup mentereng dan signifikan,” kata Maman, Senin, (31/7). Kala itu, Partai Golkar mengumpulkan sebanyak 38 Ketua DPD 1 di Bali. Pertemuan itu digelar untuk membahas perkembangan politik internal di partai beringin.

Diketahui, sinyal merapatnya Golkar ke kubu Prabowo sempat dilontarkan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar, alias Cak Imin. Diyakininya, Beringin bakal merapat ke barisan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Baca juga : Adi Prayitno: Wajar Jika Golkar Usulkan Cawapres

“Koalisi tambahan PKB-Gerindra ini yang baru fix Golkar. Moga-moga tidak berubah. Nanti akan disusul PAN mungkin, PPP, dan yang lain,” kata Cak Imin di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Selasa, (18/4).

Saat ini, komposisi partai pen­dukung Capres Prabowo adalah Gerindra, PKB, dan Partai Bulan Bintang (PBB). Konon, Prabowo juga akan didukung oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang telah disambangi Prabowo be­berapa waktu lalu.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 12/8/2023 dengan judul Ke Mana Arah Dukungan Golkar, Dave Minta Publik Sabar Menunggu Sikap Airlangga

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.