Dark/Light Mode

Setelah Golkar dan PAN

Masih Ada Partai Yang Akan Join Koalisi Prabowo

Selasa, 15 Agustus 2023 08:13 WIB
Deklarasi dukungan Partai Golkar dan PAN kepada Prabowo Subianto untuk nyapres pada 2014, di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta Pusat, Minggu (13/8). (Foto: Khairizal Anwar/RM)
Deklarasi dukungan Partai Golkar dan PAN kepada Prabowo Subianto untuk nyapres pada 2014, di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta Pusat, Minggu (13/8). (Foto: Khairizal Anwar/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Koalisi yang mendukung Prabowo Subianto semakin besar. Setelah Partai Golkar dan PAN bergabung, dikabarkan akan ada partai lain yang join untuk bareng-bareng mencapreskan Menteri Pertahanan tersebut.

Saat ini, Prabowo sudah didukung empat partai parlemen, yaitu: Gerindra, PKB, Golkar, dan PAN. Gerbong besar ini pun menarik partai-partai lain untuk bergabung. Desas-desus di kalangan politisi, ada partai tengah yang sedang melakukan hitung-hitungan untuk bergabung mendukung Prabowo.

Mendengar kabar ini, Ketua DPP Gerindra Yeti Wulandari sangat senang. Dia pun memastikan, Gerindra membuka tangan lebar-lebar untuk bekerja sama dengan banyak parpol untuk memenangkan Prabowo. 

"Kami sangat membuka silaturahmi dan membuka pintu bagi teman-teman yang ingin gabung mencalonkan Bapak Prabowo menjadi Capres 2024. Kami punya target untuk memenangkan Pak Prabowo menjadi Presiden," sambung Yeti, kepada Rakyat Merdeka, tadi malam.

Baca juga : Setia Dukung Ganjar, PPP Cs Nggak Ada Rencana Loncat Ke Prabowo

Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak menyampaikan hal serupa. Mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah ini menjelaskan, Prabowo membuka diri dengan siapa pun untuk berkomunikasi menjajaki kerja sama koalisi. 

"Jangan lupa, PBB juga bersama kami. Selanjutnya, tentu kita terus berkomunikasi dengan semua pihak. Komunikasi dengan egaliter dan terbuka, bukan berkomunikasi dengan penuh keangkuhan dan egoisme," ucap Dahnil, kemarin.

Salah satu partai yang diisukan bakal bergabung adalah PPP. Namun, partai berlambang Ka’bah ini dengan tegas membantah. Ketua DPP PPP Achmad Baidowi memastikan, partainya setiap dengan PDIP mendukung Ganjar Pranowo. PPP tak berencana pindah koalisi ke Prabowo.

Menurut dia, hubungan partai koalisi pendukung Ganjar yang terdiri dari PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo berjalan harmonis. Jadi, tidak ada alasan untuk lompat pagar pindah koalisi.

Baca juga : Respos Langkah Golkar Dan PAN, Pengamat: Ganjar Perlihatkan Kapasitas Negarawan

"Komunikasi kita dengan partai-partai pendukung Ganjar masih berjalan baik," ucapnya, kepada Rakyat Merdeka, kemarin. 

Politisi yang akrab disapa Awiek ini menerangkan, koalisi Ganjar rutin melakukan pertemuan untuk membahas dinamika politik. "Kami melakukan pertemuan rutin setiap Minggu," tambahnya. 

Menurut Awiek, PPP telah berkomitmen mendukung Ganjar. Komitmen itu dituangkan dalam Keputusan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas). "Keputusan mendukung Ganjar merupakan keputusan institusional. Jadi, tidak bisa sembarangan kami tiba-tiba berubah. Semuanya tetap konsisten dengan keputusan Rapimnas," tegas dia. 

Perindo juga menyatakan tidak akan hengkang dari barisan koalisi Ganjar. Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) pun telah menginstruksikan kepada seluruh kader untuk turun ke masyarakat membantu pemenangan Ganjar. 

Baca juga : Dapat Dukungan Dari Golkar Dan PAN, Fahri Hamzah Ucapkan Selamat Kepada Prabowo

"Hubungan koalisi baik. Setahu kami, Ketum HT komit dan terus mengajak kami semua untuk turun mendukung Pak Ganjar sebagai Capres," terang Ketua DPP Perindo Effendi Syahputra. 

Sementara, Wakil Ketua Umum Hanura Hengki Irawan menekankan, partainya fokus memenangkan Pemilu 2024. Mulai dari Pileg, Pilpres, hingga Pilkada. "Tidak ada itu rencana Partai Hanura untuk mengubah kerja sama antar-parpol menuju Pilpres 2024," ujar Hengki.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Selasa (15/8), dengan judul “Setelah Golkar dan PAN, Masih Ada Partai Yang Akan Join Koalisi Prabowo”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.