Dark/Light Mode

PDIP: Nama Erick Thohir Masih Masuk Daftar Cawapres Ganjar

Rabu, 16 Agustus 2023 17:39 WIB
Erick Thohir (Foto: Instagram)
Erick Thohir (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - PDI Perjuangan (PDIP) masih mempertimbangkan nama Menteri BUMN Erick Thohir untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres), pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Ketua DPP PDIP Said Abdullah mengungkap, Erick masuk lima kandidat cawapres Ganjar bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP Sandiaga Uno, dan mantan Panglima TNI Andika Perkasa.

“Kalau secara kualitatif dia bagus, kenapa PDIP tidak ambil. Jangan dikotak-kotak. Tetap kita pertimbangkan,” kata Said di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Rabu (16/8).

Bukan Erick Partai Mana

Baca juga : Jokowi Tegaskan Penentu Capres Dan Cawapres Di Tangan Parpol

Partai Amanat Nasional (PAN) sempat menyodorkan nama Erick Thohir kepada PDIP, untuk menjadi cawapres Ganjar.

Namun, pada Minggu (13/8) lalu, PAN resmi mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto untuk menjadi Presiden di Pilpres 2024, bersama Golkar. Erick, tetap didorong menjadi cawapres Prabowo.

Soal ini, Said memastikan, PDIP tidak masalah.

Baca juga : Pengamat Nilai Maksud Jokowi Sosok Yang Mampu Berlari Kencang Adalah Ganjar

“Bagi Ibu Ketum, Pak Mardiono, Pak Hary Tanoe juga Ketum Hanura, persoalannya bukan Erick partai mana. Apalagi, nama Erick juga masih masuk ke dalam bursa cawapres Ganjar,” jelas Said.

Hormati Pilihan

Politisi asal Sumenep ini menegaskan, PDIP menghormati keputusan PAN dan Golkar, yang mendukung Prabowo sebagai capres. Bergabung dengan Koalisi Kebangsaan Indonesia Raya, bersama Gerindra, PKB, dan PBB.

Hingga saat ini, PDIP tetap berkomunikasi baik dengan parpol pengusung Prabowo.

Baca juga : Aktivis Papua Dukung Moeldoko Jadi Cawapres Ganjar

“Kami bukan soal memperbesar gabungan partai. Kami menghormati pilihan-pilihan partai, tapi kami membuka saluran komunikasi,” pungkas Said.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.