Dark/Light Mode

Pengamat Nilai Maksud Jokowi Sosok Yang Mampu Berlari Kencang Adalah Ganjar

Sabtu, 12 Agustus 2023 21:24 WIB
Bacapres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Bacapres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menilai ungkapan Presiden Jokowi terkait 'mampu lari maraton' terhadap sosok pemimpin yang dibutuhkan Indonesia ke depan mengarah kepada Bakal Calon Presiden PDI-P Ganjar Pranowo

Diketahui, Presiden Joko Widodo mengungkapkan empat kriteria calon pemimpin yang dibutuhkan Indonesia ke depan, pada pertemuan bersama para pimpinan redaksi di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (10/8). 

Kriteria tersebut di antaranya adalah Indonesia membutuhkan sosok pemimpin yang berani, konsisten, punya nyali dan mampu 'lari maraton'. 

Baca juga : SMRC: Analogi Jokowi Soal Pemimpin Lari Maraton Kuatkan Dukungan Kepada Ganjar

"Ya saya kira dari empat kriteria yang disampaikan oleh Jokowi mungkin calon-calon lain itu ada Anies misalnya ataupun Prabowo Subianto termasuk Ganjar adalah sosok yang saya kira punya konsistensi dan keberanian gitu ya," jelas Adi ketika dihubungi wartawan, Sabtu (12/8). 

Namun, menurut dia, ungkapan terkait 'lari maraton' tersebut diduga sebagai sinyal dukungan Joko Widodo untuk Ganjar Pranowo. 

Adi menjelaskan bila soal 'berlari', Bacapres PDI-P Ganjar Pranowo merupakan figur yang sat-set dalam menghadapi suatu permasalahan. 

Baca juga : Jokowi Ingin Pemimpin Selanjutnya Mampu Lari Maraton, Kode Dukung Ganjar?

Hal ini terbukti dari kepemimpinan Ganjar selama memimpin dua periode sebagai Gubernur Jawa Tengah. 

"Tapi, ketika bicara tentang bahwa pemimpin itu adalah mereka yang mampu berlari kencang seakan-akan itu mengarah kepada Ganjar Pranowo karena selama ini capres yang terindentifikasi memiliki hobi dan kegemaran berlari, belanja masalah-masalah rakyat secara langsung hanyalah Ganjar Pranowo," terang dia. 

Adi menyebut, kode Jokowi tersebut merupakan hal yang lumrah. Sebab, sebagai orang Jawa Jokowi kerap memberikan kode-kode dukungan secara tidak langsung. 

Baca juga : Pakar Komunikasi Nilai Ganjar Sosok Yang Paham Nilai Budaya Dan Dekat Dengan NU

"Jokowi inikan orang Jawa tentu bahasa dukungan politiknya tidak disampaikan secara eksplisit tapi menggunakan bahasa-bahasa kiasan dan bahasa-bahasa semantik," ucap dia. 

Untuk itu, dia pun menegaskan bahwa Ganjar Pranowo sangat merepresentasikan kode 'lari' tersebut sehingga memenuhi kriteria untuk melanjutkan kepemimpinan Jokowi. 

"Publik mengira, publik menduga ketika Jokowi menyebut bahwa pemimpin adalah mereka yang mampu berlari kencang, itu rasa-rasanya mengarah kepada Ganjar Pranowo bukan yang lain," tutup dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.