Dark/Light Mode

Soal Peluang Jadi Cawapres Prabowo

Imin Masih Dikasih Angin Surga

Jumat, 25 Agustus 2023 08:00 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) berbincang dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (kiri). (Foto: Antara)
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) berbincang dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (kiri). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peluang Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menjadi Cawapres Prabowo Subianto masih belum jelas. Kendati demikian, Partai Gerindra terus memberikan “angin surga” ke Cak Imin.

Setelah masuknya Golkar dan PAN, gerbong koalisi pendukung Prabowo semakin besar. Semakin besarnya anggota koalisi, maka peluang Imin menjadi Cawapres Prabowo semakin kecil. Mengingat Golkar dan PAN juga sama-sama mengajukan nama untuk menjadi Cawapres Prabowo. Golkar dorong Airlangga Hartarto, PAN sorongkan Erick Thohir.

Wakil Ketua Umum (Waketum) Gerindra Habiburokhman memastikan, tidak ada yang berubah dari piagam kerja sama politik Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR), sekalipun Golkar dan PAN telah bergabung.

Baca juga : Kamhar Lakumani: Kami Sudah Tetapkan Anies Sebagai Capres

Kata Habib, keputusan Cawapres dari KKIR mutlak di tangan Prabowo dan Imin. Di samping juga mempertimbangkan masukan dari Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas).

“Pintu masuknya ya lewat Pak Prabowo, tetep saja dua orang tersebut yang menentukan,” tegas Habib, di Kompleks DPR, Jakarta, kemarin.

Habib menegaskan, kehadiran Airlangga dan Zulhas, tak membatasi hak Imin di KKIR. Bahkan, Habib menegaskan, nama Cawapres Prabowo tak akan muncul tanpa persetujuan politisi yang juga Wakil Ketua DPR itu.

Baca juga : Budiman Dukung Prabowo, Bagaimana Nasib Bukit Algoritma?

“Pertentangannya di mana? Apakah haknya Gus Muhaimin menjadi dibatasi? Tidak, karena tidak akan keluar nama Cawapres dari koalisi ini tanpa persetujuan Cak Imin dan PKB. Jadi tidak ada yang ditinggalkan, tidak ada yang dibatasi,” tegas Habib.

Bagaimana tanggapan Imin Cs? Ketua DPP PKB Daniel Johan menepis selama ini Imin hanya dikasih angin surga oleh Prabowo. Faktanya, soal Capres-Cawapres memang hingga saat ini ditentukan oleh Prabowo dan Imin.

“Kedua ketua umum ini yang memegang kunci keputusan,” tegas pria yang juga anggota Komisi IV DPR ini saat dihubungi, tadi malam.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.