Dark/Light Mode

Dorong Airlangga Jadi Cawapres Prabowo, Golkar Harap PKB & PAN Legowo

Kamis, 17 Agustus 2023 12:42 WIB
Ketua Umum AMPI Golkar Jerry Sambuaga (dua kiri) bersama tiga ketum organisasi sayap partai pendukung Prabowo Subianto melakukan konsolidasi di Ayam Bakar Ganthari, Bulungan, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu (16/8). (Foto: Istimewa)
Ketua Umum AMPI Golkar Jerry Sambuaga (dua kiri) bersama tiga ketum organisasi sayap partai pendukung Prabowo Subianto melakukan konsolidasi di Ayam Bakar Ganthari, Bulungan, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu (16/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Jerry Sambuaga mendorong Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menjadi Cawapres pendamping Prabowo Subianto. Menurutnya, Airlangga sangat pantas menjadi Cawapres, baik dari sisi kapasitas maupun kekuatan partai.

"Kami dari AMPI berjuang untuk mendukung Bapak Airlangga sebagai Cawapres Bapak Prabowo," kata Jerry, saat konsolidasi dengan para ketua umum organisasi sayap partai pendukung Prabowo, di kawasan Bulungan, Panglima Polim, Jakarta, Rabu (16/8).

Acara ini dihadiri Ketua Umum Tidar Gerindra Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, Ketua Umum Barisan Muda PAN Sigit Purnomo alias Pasha, Ketua Umum Garda Bangsa PKB Tommy Kurniawan.

Baca juga : Airlangga: Prabowo Lahir Dari Rahim Beringin

Jerry menyatakan, perjuangan organisasi sayap Partai Golkar mendorong Airlangga menjadi pendamping Prabowo di Pilpres 2024 sangat logis. Dari sisi perolehan suara pada Pemilu 2019, Golkar melampaui raihan PKB dan PAN, yang juga mendukung Prabowo. Dari sisi kursi di parlemen juga, Golkar lebih banyak. Bahkan menjadi nomor 2, di bawah PDIP.

"Golkar sekarang kalau kita lihat memiliki posisi strategis. Ketum kami sebagai Menko Perekonomian, sebagai partai politik di parlemen nomor 2 dengan 85 kursi," ucap Wakil Menteri Perdagangan ini.

Karenanya, dia berharap PKB dan PAN legowo memberikan tiket Cawapres pendamping Prabowo ke Airlangga. "Jadi izin Mbak Sara, Mas Pasha, dan Mas Tommy, ya ini kami tentu berharap ketum kami Pak Airlangga ini bersanding dengan Pak Prabowo," jelas dia.

Baca juga : Usul AHY Atau Khofifah Jadi Cawapres, Demokrat Mulai Tekan Anies

"Saya kira ini sesuatu yang wajar yang memang kita perjuangkan," tutupnya.

Sebelumnya, Tommy Kurniawan memastikan koalisi pendukung Prabowo Subianto tidak akan memunculkan nama eksternal sebagai bakal Cawapres. Pendamping Prabowo akan diambil dari internal. "Tidak ada opsi eksternal," kata politisi yang akrab disapa Tomkur ini.

Dia menegaskan, nama-nama pendamping Prabowo masih terus dibahas oleh ketua umum parpol koalisi. "Sampai detik ini soal Cawapres masih dibahas oleh ketum kami," ucapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.