Dark/Light Mode

Kalau Sandiaga Ditolak Jadi Cawapres

Partai Ka’bah Siapkan Mahfud

Jumat, 18 Agustus 2023 07:30 WIB
Juru Bicara DPP PPP, Usman M Tokan. (Foto: dok. PPP)
Juru Bicara DPP PPP, Usman M Tokan. (Foto: dok. PPP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berjanji tetap setia di gerbong PDIP dengan mengusung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagian Calon Presiden (Capres) 2024.

Namun, kalau kader anyarnya, Sandiaga Uno tidak dipilih sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) akan menyiapkan alternatif nama lain. Yang mengemuka saat ini adalah nama Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Juru Bicara DPP PPP, Usman M Tokan menegaskan, hingga saat ini, memang baru nama Sandiaga yang resmi diusulkan dari partainya sebagai Cawapres pendamping Ganjar.

Baca juga : Usul AHY Atau Khofifah Jadi Cawapres, Demokrat Mulai Tekan Anies

Secara resmi kami memang belum mengusulkan nama lain selain Pak Sandiaga. Karena kami masih konsisten memperjuangkan hasil Rapimnas keenam PPP yang telah memutus kan nama Pak Sandi untuk diperjuangkan Plt Ketum PPP ke PDI Perjuangan," kata Tokan kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Namun, demikian, PPP rela jika Banteng tidak memilih Sandiaga. Partainya tidak akan memaksa. "Soal nanti Bu Megawati Soekarnoputri dan Mas Ganjar Pranowo punya pilihan lain, itu kami serahkan sepenuhnya kepada beliau-beliau. Karena PPP tak akan memaksakan kehendak," tegasnya.

Akan tetapi, jika ditanya siapa kandidat lain jika bukan Sandi? Menurut Tokan, yang paling mungkin adalah Menko Polhukam Mahfud MD. "Melihat respons masyarakat, Pak Mahfud MD yang paling mungkin," tuturnya.

Baca juga : KPP Dapat Bonus Dobel

Sebab, selain rekam jejaknya, dikatakan, nama-nama lain yang disebut, kini merapat di gerbong lain. Misalnya Menteri BUMN Erick Thohir. PAN yang mengusulkan Erick kini merapat ke Prabowo Subianto di poros koalisi Gerindra Cs.

Dia pun berharap keputusan Cawapres yang akan dipilih Megawati, Mardiono, dan Ganjar, adalah sosok terbaik untuk bangsa. "Soal Cawapres, politik hari ini kan sangat dinamis. Kita lihat saja nanti siapa yang akan menjemput takdirnya. Apapun itu, Insya Allah PPP tetap konsisten bersama Mas Ganjar," tegasnya.

Apa tanggapan Mahfud MD? Ditanya namanya disinggung PPP sebagai salah satu calon pendamping Ganjar, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini cuma menjawab singkat. "Bagus," ucapnya sembari masuk ke mobil usai Upacara HUT Ke-78 RI di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.