Dark/Light Mode

Pilih Cawapres, Anies Masih Muter-muter

Sabtu, 19 Agustus 2023 08:21 WIB
Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan (tengah) saat bertemu tim perumus Cawapres. (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)
Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan (tengah) saat bertemu tim perumus Cawapres. (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anies Baswedan tak kunjung mengumumkan kandidat Cawapres yang bakal mendampinginnya di Pilpres 2024. Saat ditanya hal ini, jawaban Anies dan anggota Koalisi Perubahan, masih muter-muter.

Rencana pengumuman Cawapres Anies ini terus diundur. Beberapa kali direncanakan, tapi tidak jadi.

Saat menghadiri peresmian Museum dan Galeri SBY-ANI, di Pacitan, Jawa Timur, Kamis (17/8) malam, Anies sempat bertemu Tim Delapan, tim perumus Cawapres yang terdiri atas NasDem, Demokrat, dan PKS. Namun, pertemuan ini juga tidak menghasilkan kesepakatan untuk mengumumkan nama.

“Ada pertemuan dan diskusi (Tim Delapan). Mas Anies berkenan hadir,” ucap Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra, kemarin.

Baca juga : Jelang Lawan Persija, Singo Edan Masih Belum Ketemu Pola Permainan

Zaky menyatakan, sebelumnya memang sempat ada rencana mengumumkan Cawapres Anies pada 17 Agustus. Rencana ini merupakan usulan PKS, agar pengumuman Cawapres bertepatan dengan Hari Kemerdekaan. “Namun, rencana itu batal dengan pertimbangan taktis politis," ungkapnya.

Soal nama, Zaky mengklaim, sebenarnya sudah mengerucut. Nama itu sudah disepakati NasDem, Demokrat, dan PKS, sebagai partai pengusung Anies. Namun, dia tetap tak mau menyebutkan nama yang diklaimnya itu.

Zaky menyatakan, partai-partai koalisi menunggu Anies yang mengumumkan. "Kami sudah bersepakat, yang pasti kami menunggu dari Mas Anies, di Jakarta," ucap dia.

Sebelumnya, Anies mengaku masih mencari waktu yang tepat untuk mengumumkan sosok Cawapres yang akan mendampinginya. "Pada waktunya insya Allah nanti diumumkan. Nanti ketika momennya pas. Begitu momennya pas, nanti diumumkan," ucap mantan Gubernur DKI Jakarta ini, Anies saat berkunjung ke Kabupaten Cirebon, Senin malam (14/8).

Baca juga : Gibran Tak Lelah Merendah

Anies mengaku masih melihat perkembangan untuk menentukan siapa yang akan menjadi Cawapres pendampingnya di Pilpres 2024. "Nanti kita lihat perkembangannya," imbuhnya.

Sementara, Presiden PKS Ahmad Syaikhu menyatakan, berkomitmen pada kesepakatan untuk menyerahkan penentuan nama Cawapres pada Anies. PKS meyakini Anies mampu menentukan sosok pendamping yang cocok baginya. Dia hanya berpesan, agar Cawapres yang dipilih bisa menaikkan elektabilitas Anies.

"Kami berharap, Cawapres punya faktor elektoral baik, bukan malah men-downgrade Capresnya. Ini pegangan bagi Capres kami untuk memilih yang chemistry-nya sesuai dengan beliau," terang mantan Wakil Wali Kota Bekasi ini.

Pengamat Politik dari Citra Institute Efriza melihat, muter-muternya penentuan Cawapres Anies lantaran masih adanya tarik-menarik kepentingan dengan porsi yang tidak berimbang. Hal ini membuat belum terjalinnya kesepakatan yang bulat secara bersama di internal koalisi Anies.

Baca juga : Kata Puan, Mega Tak Akan One Man Show

"PKS dan Demokrat bisa satu suara jika nama Cawapres Anies adalah AHY (Agus Harimurti Yudhoyono). Tetapi tidak untuk NasDem. Mereka menolak. NasDem beranggapan, Anies-AHY diragukan bisa menang," ucap Efriza, kemarin.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Sabtu (19/8), dengan judul “Pilih Cawapres, Anies Masih Muter-muter”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.