Dark/Light Mode

Setelah Resmi Deklarasi

Cak Imin Rawan Gerus Suara Anies Di Sumbar

Selasa, 5 September 2023 07:30 WIB
Bakal calon presiden Anies Baswedan (kiri) dan bakal calon wakil presiden Muhaimin Iskandar (kanan) berfoto bersama di sela Deklarasi Capres-Cawapres 2024 di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (2/9/2023). (Foto: Antara)
Bakal calon presiden Anies Baswedan (kiri) dan bakal calon wakil presiden Muhaimin Iskandar (kanan) berfoto bersama di sela Deklarasi Capres-Cawapres 2024 di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (2/9/2023). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah duet Capres dan Cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) resmi dideklarasikan, peta politik nasional berpotensi berubah hingga ke daerah. Salah satunya, di Sumatera Barat (Sumbar). Pendukung Anies di sini bisa kabur, karena mereka dinilai menolak Cak Imin.

Menanggapi hal ini, politisi Gerindra, Nofi Candra, ragu dengan analisa tersebut. "NU me­mang basisnya banyak di Padang Pariaman dan Kabupaten Agam. Tapi untuk meningkatkan suara Anies, tunggu dulu. Cak Imin jus­tru akan menggerus suara Anies di Provinsi Sumbar ini," kata Nofi kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Menurutnya, kubu Prabowo sama sekali tak risau menjaga basis suaranya di Ranah Minang. Sebab, suara Prabowo yang sempat hijrah ke Anies, sudah pada balik kandang. "Di berbagai survei menyebutkan itu. Apalagi Pak Prabowo bergabung ke Pemerintah atas dasar menjaga keutuhan rakyat. Supaya konflik Pilpres 2019 tidak berlarut-larut," kata Nofi.

Baca juga : Petani Sawit Deklarasi Dukung Ganjar Pada Pilpres 2024

Dikatakan, duet Amin menguntungkan Prabowo dan Gerindra. Kehadiran Cak Imin akan menggerus suara Anies. Pendukung Anies yang tidak ter­lalu massif di provinsi ini, akan antipati dengan Cak Imin dengan PKB, partai yang konsisten men­dukung Presiden Jokowi sejak periode pertama.

"Pendukung Anies yang sedikit di Sumbar tentu orang-orang yang menganggap Anies berlawa­nan pandangan dengan Presiden Jokowi. Nah, kehadiran Cak Imin, yang bagian dari Pemerintah, tentu akan semakin mengurangi suara Anies," kata Nofi.

Selain dukung mendukung, Nofi mengingatkan, fakta seja­rah menyebutkan, tak ada perla­wanan dan musuh hakiki dalam politik. Yang dulu berlawanan, saat ini dalam satu gerbong. Juga sebaliknya.

Baca juga : Setelah Deklarasi Cawapres, Imin Dibayangi Pemeriksaan KPK

"Karenanya, yang akan terpilihdan ada di hati rakyat adalah yang mempunyai cita-cita dan keinginan serius mensejahterakan rakyat," ungkap Caleg DPR Partai Gerindra di Dapil 1 Sumbar itu.

Menurutnya, Prabowo Subianto dan semua calon peserta kon­testasi Pilpres 2024 adalah putra-putra terbaik bangsa. Tidak elok menjatuhkan cita-cita mulia seorang pemimpin dengan narasi fitnah. "Karenanya, jangan ada lagi bentrok dan panas-panasan seperti 2019. Mari kita bersaing dengan gembira," pesan mantan Senator asal Sumbar ini.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa 5/9/2023 dengan judul Setelah Resmi Deklarasi, Cak Imin Rawan Gerus Suara Anies Di Sumbar

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.