Dark/Light Mode

Andika Masih Ragu SBY Pro-Prabowo

Kamis, 14 September 2023 08:46 WIB
Kemesraan Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, dalam perayaan ulang tahun Pepabri, di Wisma Elang Laut, Jakarta Pusat, Selasa (12/9). (Foto: Antara)
Kemesraan Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, dalam perayaan ulang tahun Pepabri, di Wisma Elang Laut, Jakarta Pusat, Selasa (12/9). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo, Andika Perkasa, masih ragu Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Mengenai kemesraan SBY dengan Prabowo saat acara ulang tahun Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan Polri (Pepabri), Andika menilai hal biasa di tubuh para jenderal purnawirawan.

Dalam perayaan ulang tahun Pepabri, di Wisma Elang Laut, Jakarta Pusat, Selasa (12/9), SBY dan Prabowo tampil begitu mesra. SBY dan Prabowo duduk berdampingan dan begitu akrab saat berbincang.

Di momen lain, SBY dan Prabowo karaokean bersama para purnawirawan lainnya. Keduanya joget bersebelahan. SBY yang memegang mikrofon, sesekali menyodorkannya kepada Prabowo untuk menyanyikan lagu “Manis dan Sayang” karya Koes Plus. Prabowo dan SBY, juga sempat foto bersama di depan panggung dan saling bergandengan tangan. Ketika berfoto, keduanya berpose salam komando.

Andika yakin, di momen itu, tidak ada pembicaraan terkait Pilpres 2024 yang dilakukan SBY dan Prabowo. "Kumpulnya mereka hanya sebagai individu. Memang sudah kenal lama. Jadi, saya tidak yakin (ada pembicaraan mengenai Pilpres)," kata Andika, kemarin. 

Baca juga : Ninik Mamak Se-Sumbar Siap Menangkan PBB Dan Prabowo

Mantan Panglima TNI ini menyatakan, hingga saat ini, belum ada pengumuman resmi bahwa Demokrat akan berlabuh ke koalisi Prabowo. Jadi, kemesraan SBY dengan Prabowo di ulang tahun Pepabri tidak bisa dijadikan patokan.

"Belum dengar resminya kita. Jadi saya tidak berpikir ke arah sana (SBY pro ke Prabowo)," tambahnya. 

Andika menambahkan, kumpul-kumpul para jenderal purnawirawan di ulang tahun Pepabri adalah hal yang bagus untuk mengeratkan tali silaturahmi. Jadi, tidak perlu dikaitkan dengan urusan politik.

"Ya, menurut saya bagus, bukan dalam hal politik kan. Bukan dalam kampanye," tandasnya.

Baca juga : Ada PSI Di Deklarasi Gelora Dukung Prabowo

Dari pihak Demokrat, juga belum memberikan kepastian akan berlabuh ke mana. Koordinator Juru Bicara Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, mengajak publik untuk mengikuti saja perkembangan yang terjadi. Termasuk setelah SBY dan Prabowo tampil begitu mesra di ulang tahun Pepabri.

"Apakah mengarah kepada koalisi di Pilpres 2024? Kita lihat saja," ucapnya, kemarin.

Yakin jelas, apa pun arah politik Demokrat nanti, dia ingin kemesraan SBY dan Prabowo terus berlanjut. “Komunikasi, silaturahmi dan kebersamaan seperti ini kita harapkan terus berlanjut,” sambungnya. 

Pihak Gerindra juga memastikan, dalam pertemuan SBY dan Prabowo di ulang tahun Pepabri, tidak ada pembicaraan politik Pilpres 2024. "Tidak ada (bahas politik). Reuni dalam rangka HUT Pepabri saja," ucap Jubir Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, kemarin.

Baca juga : Prabowo Legowo

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Kamis (14/9), dengan judul “Andika Masih Ragu SBY Pro-Prabowo”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.